Para Pekerja di Jepang Tidak Takut Digantikan Robot

Telset.id,Jakarta – Berbeda dengan para pekerja di negara Barat, para pekerja di Jepang tidak takut robot akan ‘mencuri’ lahan mereka. Hal itu disampaikan, seorang pejabat tinggi dari Jepang, pada Jumat (5/5/2018), lalu.

Para pekerja di Jepang tidak merasa terancam dengan keberadaan robot di pabrik. Pasalnya mereka menganggap robot sebagai tenaga bantuan.

“Cara berpikir Barat adalah ‘robot akan mencuri pekerjaan saya,’ Tetapi di Jepang, robot akan mengurangi beban pekerjaan manusia. Seperti dalam komik terkenal “Astro Boy” dan “Doraemon”, di mana robot selalu menolong orang,” kata Wakil Perdana Menteri Jepang dan Menteri Keuangan, Taro Aso dalam diskusi panel pada pertemuan tahunan Asian Development Bank di Manila.

Seperti diketahui, Jepang merupakan negara dengan tingkat ekonomi terbesar ketiga di dunia. Jepang juga negara dengan tingkat populasi rendah dan lapangan tenaga kerja yang sedikit.

Tahun 2017 lalu, warga berusia 65 ke atas menyumbang hampir 28 persen dari populasi di Jepang. Menurut data dari statistik Pemerintah Jepang, jumlah orang yang berusia 90 ke atas, sekitar 2 juta untuk pertama kalinya.

Aso, yang menjabat sebagai perdana menteri dari 2008 hingga 2009, mengakui dampak dari dinamika demografi pada perekonomian negaranya. Ia mencontohkan dirinya sendiri yang berusia 77 tahun, dan tetap harus bekerja.

“Saya berusia 77 tahun dan masih bekerja,” katanya sambil tersenyum.

Dia memperingatkan, teknologi dapat menciptakan pekerjaan bernilai tambah tetapi juga dapat menyebabkan ketidaksetaraan yang lebih luas. Oleh sebab itu, penting untuk meningkatkan sumber daya manusia.

Ia mencontohkan, misalnya dengan memberikan insentif pendidikan bagi keluarga berpenghasilan rendah sebagai salah satu prospek potensial.

“Untuk meminimalkan biaya sosial, penting untuk meningkatkan sumber daya manusia,” katanya. [BA/IF]

Source Link

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0