telset

Para Ilmuwan Ciptakan Tanaman Penghasil ASI

Telset.id, Jakarta  – Para ilmuwan telah menciptakan air susu ibu atau ASI dari tanaman. Dengan inovasi itu, sekarang tersedia ASI hemat biaya untuk bayi daripada harus mengonsumsi formula tradisional.

Para ahli telah merekayasa tanaman untuk menghasilkan minyak yang memiliki struktur kimia serupa lemak ASI. Penelitian tersebut telah diterbitkan dalam Prosiding National Academy of Sciences.

{Baca juga: Bikin Merinding! Ilmuwan Berhasil Kloning Seekor Kera}

Menurut laporan New York Post, seperti dikutip Telset.id, Senin (7/10/2019), studi ini dilakukan di Rothamstead Research, lembaga penelitian pertanian tertua di dunia di Harpenden, Hertfordshire, Inggris.

Molekul lemak susu manusia alami, triasilgliserol, memungkinkan nutrisi dicerna oleh bayi. Menurut pernyataan peneliti Rothamstead Research, beberapa formula bayi mempunyai kandungan molekul sama.

Dalam perkembangannya, penelitian yang dilakukan para peneliti di Rothamstead Research diklaim dapat memiliki implikasi untuk menghasilkan susu formula lebih baik dan lebih cepat diserap oleh bayi.

Mereka mengatakan, ASI adalah pilihan terbaik dan pertama untuk nutrisi bayi. Mereka berharap, inovasi ini dapat mengarah kepada peningkatan semua tingkat formula untuk bayi yang membutuhkan.

{Baca juga: Ngeri! T-Rex Raksasa Ditemukan di Kanada, Bobotnya Capai 8 Ton}

Peneliti utama, Dr Peter Eastmond mengaku telah merekayasa metabolisme suatu tanaman sehingga lemak yang dihasilkan memiliki struktur sama persis yang ditemukan dalam ASI, bukan minyak nabati. [SN/HBS]

Sumber: NY Post

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0