telset

Paparan Filter Cahaya Biru di Layar Ponsel Memperpendek Umur?

Telset.id, Jakarta – Berapa banyak dari kita yang menggunakan filter cahaya biru pada ponsel? Filter cahaya ini berfungsi untuk menyaring cahaya biru dari layar perangkat ponsel Anda. Namun cahaya biru dikatakan mengganggu ritme sirkadian, yang bisa memperpendek umur. Waduhh..!

Yang dimaksud ritme sirkadian adalah proses biologis yang menunjukkan osilasi endogen dan berulang setiap sekitar 24 jam. Filter cahaya biru ini memengaruhi kemampuan Anda untuk tidur.

{Baca juga: 3 Efek Buruk Sinar Biru di Layar Ponsel}

Jadi ketika Anda menyalakan fitur tersebut, kemungkinan besar Anda akan bisa tidur lebih baik. Tapi dibalik itu, ada fakta baru yang cukup mengerikan.

Seperti dilansir China Press, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan, menunjukkan bahwa lampu LED biru dapat mempercepat proses penuaan dan merusak sel-sel otak Anda.

Dalam tes yang dilakukan oleh Oregon State University pada lalat buah, dikatakan bahwa lalat buah yang telah terpapar lampu LED berwarna biru mengalami pembusukan sel di otak mereka.

Penulis utama makalah penelitian, Profesor Jaga Giebultowicz, mengatakan bahwa cahaya buatan telah mengurangi rentang hidup lalat buah ini dalam jumlah yang cukup banyak.

Dalam percobaan ini, lalat buah yang terpapar pada dua siklus yakni cahaya biru 12 jam dan kegelapan setiap hari, hidupnya 15 persen lebih pendek dari pada lalat yang hidup dalam kegelapan total atau lalat yang hidup dalam cahaya alami.

Lalat-lalat yang terpapar cahaya biru juga dilaporkan menderita kerusakan pada neuron otak mereka serta sel-sel retina mereka. Hal ini mepengaruhi kemampuan mereka untuk memanjat dinding.

Perlu juga dicatat bahwa beberapa lalat dalam percobaan ini tidak memiliki mata, karena mutasi bawaan. Namun, mereka masih menderita gangguan otak dan kapasitas motorik yang sama seperti terbang dengan mata.

{Baca juga: Cahaya Biru Layar Ponsel Bisa Akibatkan Kebutaan}

Meskipun ini mungkin bukan bukti konklusif bahwa lampu LED biru dapat mempersingkat hidup Anda selama bertahun-tahun, Anda tetap harus berhati-hati dan tetap menggunakan filter cahaya biru pada perangkat Anda! Setidaknya Anda akan memiliki ketenangan pikiran, dan tidur nyenyak. [BA/HBS]

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0