telset

Panel LCD Sharp Terinspirasi Mata Ngengat

Jakarta – Televisi telah berevolusi mengikuti permintaan pasar. Namun, teknologi LCD yang sekarang sudah ada masih dirasakan belum cukup. Anda dihadapkan oleh pilihan layar dengan kontras yang lebih tinggi atau sebaliknya. Sharp telah menemukan solusi untuk masalah tersebut dengan menciptakan panel berteknologi terbaru yang disebut Motheye atau “mata ngengat”.

Sharp memperkenalkan penemuan terbaru mereka ini di ajang CEATEC 2012. Seperti namanya, Sharp terinspirasi dari mata ngengat yang memiliki sifat menghilangkan refleksi cahaya.

Perusahaan elektronik Jepang ini telah melakukan riset sebelumnya dengan mempelajari mata serangga yang memiliki permukaan kasar dan bergelombang. Ketika cahaya menyentuh permukaan kasar ini pantulan cahaya dari luar akan berkurang serta kecerahan dan warna yang dipancarkan dari dalam mata serangga tetap terjaga.

Dengan pengetahuan itulah, para peneliti akhirnya menemukan teknologi panel LCD yang memiliki sifat mirip dengan mata ngengat. Ketika diterapkan ke display, panel ini akan mengurangi silau pada mata. Dan, di saat yang bersamaan, Motheye akan mempertahankan intensitas warna dan kontras cahaya.

Selain untuk mengurangi silau, permukaan yang kasar ini juga membantu agar tidak memantulkan cahaya dari luar dan menjaga intensitas warna yang dipancarkan. Seperti dikutip telsetNews dari Ubergizmo, Kamis (4/10).[lkh/hbs]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0