Palapa Ring Mulai Dioperasikan April 2011

Jakarta -Mega proyek pembangunan serat optik bawah laut, Palapa Ring, untuk kawasan timur Indonesia area Mataram-Kupang akhirnya berhasil dirampungkan. Dan menurut rencana akan segera dioperasikan pada bulan April mendatang, setelah melewati tahapan uji coba yang saat ini sedang dilakukan.

Infrastruktur jaringan serat optik yang baru saja dirampungkan itu nantinya akan disalurkan melalui  akses last mile ke beberapa daerah pelosok di dua kawasan tersebut.

“Penyelesaian pembangunan infrastruktur proyek Palapa Ring untuk Mataram-Kupang System Cable telah selesai. Rencananya April akan mulai kami komersialisasikan, kata Dirut Telkom Rinaldi Firmansyah, di Jakarta, Rabu (16/3). Namun, sambung Rinaldi, saat ini belum ditetapkan soal besar tarif yang akan ditetapkan. “Sudah pasti lebih murah dari tarif di perkotaan,” ujarnya.

Proyek Mataram-Kupang Cable System merupakan serat optik bawah laut yang dibangun Telkom sepanjang 1.041 kilometer. Proyek ini akan memiliki enam landing point di Mataram, Sumbawa Besar, Raba, Waingapu dan Kupang.

Seperti diketahui, untuk menyelesaikan pembanguann infrastrukstur Palapa Ring Mataram-Kupang, Telkom telah mengucurkan dana sekitar USD 50 juta. Sementara secara total anggaran yang sudah dikucurkan Telkom untuk proyek Palapa Ring di kawasan Timur Indonesia senilai USD 90 juta.

Selain Telkom, ada dua perusahaan lagi yang ikut dalam penyelesaian mega proyek ini, yakni Indosat dan Bakrie Telecom. Namun dibanding kedua perusahaan tadi, Telkom merupakan penyumbang terbesar bagi pembangunan proyek senilai USD 150 juta, yakni sebesar USD 90 juta.

Operator plat merah ini juga akan segera merampungkan pembangunan jaringan inland cable sepanjang 810 kilometer dengan jumlah 15 node di kota Mataram, Pringgabaya, Newmont, Taliwang, Sumbawa Besar, Ampang, Dompu, Raba, Labuhan Bajo, Ruteng, Bajawa, Ende, Maumere, Waingapu, dan Kupang. [hbs]{jcomments on}

Previous articleTelkom Siap Lebarkan Sayap ke Kamboja
Next articleData Storage Drive dari Seagate

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here