Pakai Teknologi 4,5G Pro, Internet Tri 8 Kali Lebih ‘Ngebut’

Telset.id, Jakarta – Hutchison 3 Indonesia, (Tri) telah meningkatkan kapasitas jaringan internet 4G. Hasilnya, mereka mengklaim jika kecepatan koneksi internet Tri naik menjadi 8 kali lebih cepat dibanding kualitas jaringan 4G yang sudah ada sejak tahun 2016.

Menurut Chief Technical Officer Tri Indonesia Desmond Cheung Jaringan Tri Indonesia telah menggunakan teknologi 4,5G Pro yaitu Massive MIMO 32T32R. Berdasarkan hasil percobaan teknologi tersebut mampu menghasilkan koneksi internet 8 kali lebih cepat.

{Baca juga: Tri Tunggu Arahan Pemerintah Soal Implementasi Aturan IMEI

“Hasilnya koneksi internet menjadi 8 kali lebih cepat dibanding koneksi internet jaringan 4G pertama yang dikenalkan pada tahun 2016 lalu,” kata Desmond di Jakarta, Rabu (12/02/2020).

Selain meningkatkan kecepatan koneksi internet, Tri juga memperluas jaringan mereka. Di tahun 2019 ini mereka telah menambah 9000 ribu Base Transceiver Station (BTS) yang tersebar di Sumatra, Jawa, Bali, Kalimantan dan Sulawesi. Total Tri sudah memiliki 27.000 BTS di seluruh Indonesia.

Jaringan mereka sudah mampu menjangkau 200 juta pelanggan di 300 kabupaten, 3000 Kecamatan, dan 33.000 desa di seluruh Indonesia. Semua BTS tersebut telah didukung oleh sumber daya listrik cadangan dan teknologi pemindahan jalur yang disebut Automatically Switched Optical Network (ASON).

“Artinya jaringan Tri Indonesia dapat beroperasi lebih lama pada saat bencana alam atau situasi darurat lainnya seperti mati listrik atau gempa bumi,” tutur Desmond.

{Baca juga : Siap-siap, Tahun Depan Tri Uji Coba Jaringan 5G}

Tri Indonesia juga memiliki 2 produk unggulan untuk mendukung kecepatan internet tersebut. Produk pertama adalah AlwaysOn yang menawarkan kuota internet dengan masa aktif selamanya. Produk ini memungkinkan anak muda Indonesia untuk terhubung ke internet tanpa khawatir kuotanya hangus.

Produk selanjutnya adalah paket bundel kuota internet KeepOn+Amazon Prime Video. Paket tersebut menawarkan kuota dan  ribuan konten berkualitas dari Amazon Prime Video. Harganya adalah Rp 75 ribu untuk 1 bulan berlangganan dan kuota 5GB. [NM/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI