Pakai AI, Instagram Cegah Warganet Komentar “Nyinyir”

Instagram Cyberbullying

Telset.id, Jakarta Instagram mulai tegas dalam melawan cyberbullying di platform mereka. Media sosial untuk foto dan video ini menggunakan teknologi berbasis Artificial Intelligence (AI) untuk mengurangi komentar negatif dan penuh intimidasi.

Cyberbullying memang menjadi masalah yang sering ditemui di media sosial, termasuk Instagram. Bentuknya berupa adu komentar yang membuat pengguna lain tertekan dan terintimidasi.

Dikutip Telset.id dari Ubergizmo, pada Selasa (09/07/2019), lewat teknologi AI, Instagram akan memberi tahu para penggunanya ketika komentar yang mereka kirimkan cenderung negatif dan tidak pantas untuk diposting atau tidak.

{Baca juga: Trik Upload Foto di Instagram Web}

Diharapkan dengan adanya teknologi ini, warganet Instagram bisa berpikir kembali sebelum mereka mengunggah komentar.

Selain itu, Instagram pun dikabarkan sedang menguji fitur bernama Restrict. Fitur ini mampu menghindarkan pengguna dari komentar negatif yang diberikan warganet. Pengguna dapat memutuskan untuk membuat komentar dapat terlihat oleh publik atau tidak.

Sebelumnya, Instagram menyatakan keseriusannya untuk memberantas konten hoaks di platform mereka. Mereka bahkan menggandeng Facebook Fact-checkers untuk memberantas foto dan video hoaks, dan menjaga penyebarannya tidak meluas.

{Baca juga: Tegas! Instagram Serius Berantas Konten Hoaks Bareng Facebook}

Dikutip dari Engadget, Selasa (07/05/2019), Instagram nantinya tidak akan menghapus konten hoaks. Namun, media sosial ini memilih untuk tidak memunculkannya di tab Explore atau di halaman hasil pencarian hashtag.

“Pendekatan kami terhadap informasi yang salah sama dengan Facebook. Ketika kami menemukan informasi yang salah, daripada menghapusnya, kami akan mengurangi distribusinya,” kata juru bicara Instagram. (NM/FHP)

Sumber: Ubergizmo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here