telset

Pabrik Nokia di India Tunggak Pajak USD 542 Juta

Pabrik Nokia di Chennai, India
Pabrik Nokia di Chennai, India

Jakarta – Nokia dihantam kabar tak sedap, karena pabrik perakitannya di India dilaporkan telah mengemplang pajak sebesar USD542 juta. Kasus ini diketahui setelah pabrik Nokia di India tersebut didatangi sejumlah petugas pajak.

Nokia memang memiliki pabrik perakitan di wilayah Chennai, India. Menurut laporan beberapa orang di lokasi pada saat itu, bahwa memang ada 20 orang petugas pajak yang mendatangi pabrik tersebut.

Diperoleh informasi, para petugas pajak India itu datang karena pabrik Nokia tersebut menunggak pajak ke pemerintah yang nilainya mencapai USD542 juta. Demikian seperti dikutip dari Cnet, Rabu (9/1).

Seorang juru bicara selaku representatif Nokia dan dua orang karyawan di lokasi mengkonfirmasi berita ini ke media Economic Times, yang membenarkan bahwa memang pabrik mereka sedang didatangi petugas pajak.

Namun pihak pabrik menyatakan aktivitas produksi tetap masih berjalan normal tidak ada gangguan. Nokia menyatakan bahwa pihaknya berkomitmen untuk selalu menaati peraturan dan kewajiban di negara dimana mereka melakukan aktivitas bisnis.

Seperti diketahui, Nokia memang sedang dilanda krisis keuangan. Kekayaan Nokia terus menyusut dari USD11milyar pada lima tahun lalu, menjadi tinggal USD2,7 miliar pada bulan Mei 2012 lalu.

Beberapa kebijakan untuk mengurangi pengeluaran pun dilakukan Nokia. Bahkan mereka sudah mengadakan restrukturisasi dengan menutup pabrik dan merumahkan 17.000 karyawan. Hingga kantor pusatnya di Salo, Finlandia pun telah di jual, agar bisa menutup biaya operasionalnya. [hbs]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0