Operator Sediakan Nomor Khusus untuk Unreg SMS Premium

Jakarta – Setelah mendapat desakan dari berbagai pihak, para operator telekomunikasi  akhirnya mau mendengar keluhan pelanggannya terkait kasus sedot pulsa lewat SMS pada layanan mereka. Beberapa operator telah menyediakan nomor khusus bebas pulsa untuk deaktifasi layanan SMS Premium.

Sampai berita ini diturunkan, telah ada tiga operator yang menyediakan secara khusus nomor yang dapat digunakan untuk CEK dan STOP layanan SMS premium berlangganan tanpa dikenakan biaya, baik melalui SMS maupun menggunakan UMB. Ketiga operator itu adalah XL, Telkomsel, dan Indosat.

XL menyediakan nomor khusus bebas pulsa *123*572# bagi pelanggannya yang ingin melihat status layanan berlangganan atau ingin berhenti berlangganan (Unreg). Selain itu, XL juga menyediakan nomor 588 bagi pelanggan yang ingin mengadukan nomor yang dicurigai telah melakukan penipuan.

Jika menerima SMS mencurigakan, langsung kirim atau teruskan saja SMS tersebut ke nomor 588. Kami akan segera memproses laporan tersebut, kata Head of Corporate Communications XL, Febriati Nadira kepada Telsetnews di Jakarta beberapa waktu lalu.

Sementara itu,Telkomsel juga menyediakan nomor khusus bagi pelanggannya yang ingin melakukan Unregistrasi layanan SMS Premium melalui direct menu bebas pulsa *111# (kartuHALO) dan *116# (Simpati  dan Kartu As).

Menurut GM Corporate Communications Telkomsel Ricardo Indra, Direct Access melalui *111# dan *116# melengkapi mekanisme berhenti berlanggan SMS Premium yang sudah ada, seperti yang biasa dikenal dengan nama UNREG. Menu ini merupakan fasilitas untuk memudahkan pelanggan dalam mengecek konten apa saja yang aktif di ponselnya, kata Indra di Jakarta, Jumat (21/10).

Dijelaskannya, untuk berhenti berlangganan SMS Premium di menu *111# dan *116#, pelanggan dapat memilih menu nomor 3, yakni Info Konten Anda™.  Setelah itu silakan pilih menu nomor 2, yakni Berhenti Berlangganan™. Sedangkan untuk mengetahui informasi layanan konten yang sedang aktif, pelanggan dapat memilih menu nomor 1.

Operator lainnya yang menyediakan nomor khusus untuk deaktifasi layanan SMS Premium adalah Indosat. Operator yang saat ini memiliki 50 juta pelanggan itu memberikan kemudahan bagi pelanggannya untuk melakukan Cek dan Stop layanan SMS premium, baik melalui SMS maupun menggunakan UMB.

Diterangkan, jika pelanggan ingin Stop semua layanan SMS Premium berlangganan yang sedang digunakan, bisa ketik STOP kirim ke 726. Sementara jika hanya ingin mencek semua layanan, caranya: ketik STATUS kirim SMS ke 726. Dan jika pelanggan ingin Stop layanan i-Ring, bisa dengan caran, ketik STOP kirim SMS ke 808.

Sedangkan jika pelanggan ingin mengadukan SMS penipuan, bisa ketik SMS(spasi)Nomor Pengirim SMS(spasi)SMS Penipuan kirim ke 726. Semua nomor yang disediakan tadi bebas pulsa.

Pelanggan Indosat juga dapat menggunakan UMB jika ingin melakukan stop dan cek layanan SMS Premium. Untuk berhenti berlangganan semua layanan SMS Premium, pelanggan bisa ketik *726# kemudian pilih menu nomor 1. Sedangkan untuk mengetahui informasi layanan konten yang sedang aktif, pelanggan tinggal ketik *726# lalu pilih menu nomor 2. [hbs]

 

Previous articlePasar PC Lesu, Penjualan OS Windows Melorot
Next articleApple Beberkan Bukti Samsung Jiplak iPhone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here