telset
spot_img

Operator Billing Jadi Penghasilan Tambahan Operator

Nokia Lumia 900 dengan Windows Phone 7.8

Jakarta – Selain dari layanan SMS dan suara, penyedia layanan telekomunikasi perlahan mulai mengandalkan pelanggan data untuk menambahkan revenue. Disamping itu, layanan value-added service (VAS) juga turut menyumbang keuntungan. Salah satu layanan VAS yang baru digarap PT XL Axiata bersama Microsoft dan Nokia adalah operator billing.

“Layanan operator billing merupakan tambahan bagi pemasukan operator. Namun, kami belum bisa memprediksi berapa persen kontribusi yang dihasilkan dari layanan ini,” kata Revie Sylviana, GM Content & Applications Technology, Content & Businss XL Axiata di sela acara peluncuran, Jakarta, Selasa (18/12).

Hingga saat ini, lanjut Revie, ada sekitar 12 ribu aplikasi yang terhidang di dalam Windows Store. 4500 diantaranya merupakan konten lokal yang dapat dibeli menggunakan metode operator billing.

Keuntungan yang diperoleh operator pun akan dibagi oleh developer sesuai kesepakatan. “Untuk end user, akan ada pembagian sebesar 70 persen kepada developer,” aku Services Manager Nokia Indonesia, Mareta Dewi.

Diakui oleh Revie, untuk saat ini XL baru menjalin kerja sama dengan Nokia. Proses negosiasi dilakukan oleh 3 pihak diantaranya operator, Microsoft, dan Nokia. Setelah Nokia, XL pun akan merambah ke vendor lain yang ikut mendukung ekosistem Windows Phone. [lkh/hbs]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0