NTT DoCoMo Kembangkan Ponsel Penerjemah Real Time

Jakarta – Kini para pengguna ponsel tak usah khawatir untuk tak mengerti bahasa lawan bicara kita di telepon. NTT DoCoMo sedang mengembangkan teknologi yang bisa menerjemahkan bahasa secara realtime.

Teknologi yang dikembangkan oleh NTT DoCoMo bernama Mobile Simultaneous Interpretation System yaitu penterjemah real time melalui ponsel.

Dalam demo di video ini diperlihatkan bagaimana dua orang bicara dalam dua bahasa yang berbeda Inggris dan Jepang. Mereka saling berkomunikasi dengan bahasa masing-masing dan ponsel secara langsung menerjemahkannya ke bahasa yang dimengerti melalui bantuan internet.

Tetapi kembali dikatakan bahwa teknologi ini masih butuh pengembangan karena hasilnya belum 100 persen akurat. Memang banyak kendala karena selain masalah intonasi dan kejelasan suara itu sendiri.

Terknologi penterjemah ini dikatakan masih belum sempurna. Dan karena teknologi masih menggunakan cloud computing maka diperlukan akses data yang lumayan cepat. Kita tunggu saja bersama, kapan ponsel ini akan segera rilis. [tsn/ hbs]{jcomments on}

Previous articleLayanan ’‘Mobile Commerce’™ di Inggris Masih Rendah
Next articleNokia Revisi Target Penjualan Tahun 2011

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here