telset

Nokia Tutup Pabrik di Rumania, 3500 Karyawan di PHK

Berlin –  Menganggap sudah tidak prospektif lagi di pasaran karena tergusur dengan ponsel pintar, akhirnya Nokia memutuskan untuk menutup pabriknya yang ada di Rumania.

Pabrik di Cluj-Napoca, Rumania, merupakan tempat pembuatan ponsel Nokia versi low-end atau yang murah. Dan dengan ditutupnya pabrik tersebut, Nokia bakal mem-PHK sekitar 3500 karyawannya.

“Ini adalah bagian dari perampingan proses produksi. Kami terpaksa mengambil keputusan yang menyakitkan,” kata Chief Executive Officer (CEO) Nokia Stephen Elop Elop seperti dilansir situs New York Times, Jumat (30/9).

Menurut Elop, penutupan pabrik itu juga menjadi bagian dari rencana besar Nokia dalam mengembangkan perangkat lunak Windows Phone bersama dengan Microsoft. Rencananya, perusahaan ini akan memindahkan seluruh proses produksi ponselnya ke kawasan Asia, yakni Cina dan Korea Selatan.

Menanggapi hal yang dilakukan Nokia itu, Pete Cunningham, seorang analis di Canalys, menilai langkah yang diambil Nokia sudah tepat. “Mau tak mau, mereka memang harus melakukan efisiensi karena selama bertahun-tahun struktur organisasinya terlalu gemuk,” imbuhnya.

Walaupun masa depan Nokia di pasar ponsel pintar sendiri sebenarnya masih belum jelas, namun Cunningham berpendapat masih ada harapan dengan adanya kolaborasi Nokia bersama Microsoft.

Ia berharap Nokia menepati janji dengan memperkenalkan ponsel Nokia Windows Phone pada 26 Oktober mendatang. Dalam peluncuran pertamanya yang akan berlangsung di London, Inggris, Nokia akan merilis dua ponsel sekaligus.

Sampai dengan kuartal kedua tahun ini, Nokia telah mendiskon harga ponsel Symbian sampai US$ 502 juta atau sekitar Rp 4,4 triliun.

Sebelumnya, Nokia juga telah mem-PHK ribuan karyawannya di wilayah Eropa dan Amerika. Total jumlah pekerja yang akan di-PHK sampai dengan akhir 2012 sebanyak 7.000 karyawan.[hbs]{jcomments on}

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0