telset

Nokia Resmi Tinggalkan Symbian

Nokia 808 PureView
Nokia 808 PureView

Jakarta – Selamat tinggal Symbian. Ya, sistem operasi yang pernah berjaya di ‘jaman keemasan’ Nokia itu akan segera diakhiri masa baktinya. Nokia telah mengkonfirmasi tidak akan menggunakan Symbian untuk perangkat ponselnya.

Kepastian ini diperoleh setelah Nokia mengumumkannya saat merilis laporan keuangannya belum lama ini. Disebutkan, Nokia 808 PureView, merupakan perangkat Symbian terakhir dari Nokia.

“Nokia 808 PureView, perangkat yang menunjukkan kemampuan imaging yang kami rilis di pertengahan 2012, adalah perangkat Symbian terakhir dari Nokia,” tulis keterangan Nokia, yang dikutip dari The Next Web, Jumat (25/1).

Hingga kuartal keempat tahun 2012, Nokia mampu menjual 2,2 juta smartphone Symbian. Angka ini di bawah pencapaian Nokia seri Asha yang terjual 9,3 juta unit maupun Nokia Lumia yang terjual 4,4 juta unit.

Dengan keputusan ini berarti Nokia akan berfokus pada platform Series 40 Asha dan bermitra dengan Microsoft untuk memakai platform Windows Phone. Nokia 808 PureView sendiri saat pertama diluncurkan sempat menjadi bahan perbincangan karena dilengkapi kamera beresolusi 41 megapixel.

Pihak Nokia sebelumnya pernah menyatakan akan tetap mendukung Symbian sampai tahun 2016, namun kemungkinan hanya dalam bentuk servis dan lainnya.

Vendor asal Finlandia ini beberapa waktu lalu dikabarkan sedang menyiapkan perangkat Windows Phone dengan PureView yang menyandang nama Nokia EOS. Rumornya smartphone ini akan diperkenalkan pada acara Mobile World Congress 2013 di Barcelona, Februari mendatang.[hbs]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0