telset

Nokia Perkenalkan Symbian Carla dan Donna

Jakarta – Pada ajang Developer Day di Meksiko, Nokia memperlihatkan dua generasi Symbian terbaru yakni Symbian Carla dan Symbian Donna. Selain itu di ajang tersebut, Nokia juga menginformasikan lebih lebih lanjut tentang update dari Symbian Belle.

Dalam keterangannya disebutkan, Symbian Carla ditujukan pada smartphone berbasis prosesor 1 GHz atau diatasnya. Symbian Carla akan dirilis pada akhir 2012 atau awal tahun 2013. Dengan sistem operasi ini, pengguna nantinya akan mendapatkan sebuah pengalaman browser web terbaru, widget baru dan banyak kemampuan lainnya seperti NFC dan Dolby Surround.

Artinya bahwa semua perangkat yang berbasis Symbian ^ 3 dan handset Symbian Anna  seperti N8, C6-01, C7, E7, E6, X7-00 tidak akan mendapatkan versi ini karena tidak sesuai dengan spesifikasi prosesor.

Sementara itu untuk Symbian Donna akan datang pada ponsel ekslusif yang berbasis dualcore. Kemungkinan besarnya Anda akan mendapatkannya pada akhir tahun 2013 atau awal tahun 2014. Tidak banyak informasi yang dihimpun dari Symbian Donna ini karena gambar yang tersebar di internet sangat samar.

Nah, kalau untuk ponsel yang berbasis Symbian Belle seperti Nokia X7-00, E6 dan 500 akan mendapatkan update sampai akhir tahun ini. Sedangkan Symbian ^ 3 yang sudah diperbarui untuk perangkat berbasis Anna akan menerimanya pada Q1 pada tahun 2012.

Berita buruknya bahwa Nokia berencana untuk meninggalkan Symbian pada tahun 2016. Hal ini sangat jelas mengingat bahwa persaingan pasar smartphone Nokia mulai mengarah ke Windows Phone.[tsn/hbs] {jcomments on}

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0