telset

Nokia Mulai Tergoda Android?

Jakarta – Yang namanya rumor bisa bersumber dari mana saja. Hanya karena sebuah iklan lowongan pekerjaan yang diposting oleh Nokia di jejaring sosial LinkedIn untuk mencari seorang teknisi Linux, maka berhembuslah rumor bahwa Nokia akan membuat ponsel berbasis Android.

Di dalam iklan lowongan pekerjaan itu Nokia menuliskan sedang membuka lowongan untuk posisi “Principal Software Enginer, Embedded Linux Middleware”. Memang tidak ada disebutkan mencari ahli Android, namun seperti diketahui, Linux adalah merupakan inti dari Android.

Dari sinilah mulai muncul dugaan bahwa Nokia sedang merencanakan sebuah proyek yang kemungkinan berbasis Android. Demikian yang telsetNews kutip dari Gizmodo, Minggu (02/12).

Iklan ini memang tidak menyebutkan secara pasti bahwa Nokia akan mencoba masuk ke wilayah Android. Tapi pihak Nokia hanya menuliskan bahwa mencari  teknisi ponsel yang akan bekerja dalam “lingkungan start-up” dan mengembangkan “produk baru yang menarik” untuk masa depan.

Maka munculah spekulasi Nokia akan “bermain” dengan Android yang memang saat ini sedang marajai pasar. Sebab jika bukan Android, kemungkinan lain sangat kecil.

Nokia sebelumnya memang disebut-sebut pernah coba mengembangkan sendiri OS berbasis Linux dengan nama Meltimi. Namun belakangan proyek ini diketahui batal diteruskan karena terkena dampak pemangkasan biaya akibat krisis keuangan yang dialami Nokia.

Kemungkinan lain Nokia ingin coba kembali mengembangkan Meego yang berbasis Linux hasil kerjasamanya dengan Intel. Walaupun sebenarnya Nokia sudah “menyingkirkan” Intel dengan menyatakan tidak tertarik menggunakan Meego.

Ada juga muncul spekulasi Nokia akan bergabung bersama Intel dan Samsung yang sedang menjalankan proyek mengembangkan OS Tizen. Namun kemungkinan ini sangat kecil, karena dianggap akan sangat aneh bagi Nokia untuk bergabung dalam proyek tersebut.

Semua ini memang masih berupa rumor dan spekulasi, belum bisa dipercaya kebenarannya. Karena bisa saja Nokia mencari ahli dibidang Linux hanya untuk  menyiapkan aplikasi di perangkat Android. Misalnya aplikasi Nokia Maps atau Nokia HERE yang baru saja diluncurkan Nokia. Kita tunggu saja tanggapan Nokia untuk mendapatkan kejelasannya. [hbs]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0