Nokia Lumia 1520

700-nokia_lumia_1520_cover-3

Prosesor quad-core 2,2 GHz dari Qualcomm Snapdragon yang berpadu dengan RAM sebesar 2GB mampu memaksimalkan kinerja Lumia 1520 untuk melahap berbagai aplikasi dan fitur dengan cepat”

Desain

Masih mempertahankan kesan premiumnya, Nokia mengemas Lumia 1520 dalam desain unibody. Besar! Itulah kesan yang kami berikan begitu melihat Lumia 1520. Tetapi inilah phablet, perangkat dengan layar luas yang menjadi produk alternatif antara smartphone dan tablet. Meski layarnya lebar, namun Nokia tetap memperhitungkan agar produknya tetap ergonomis.

Phablet teranyar ini dibalut dengan bahan polycarbonate yang solid dan nyaman ketika dipegang. Material yang digunakan membuat Lumia 1520 terlihat berkelas dibandingkan pesaingnya yang menggunakan bahan plastik. Dipadukan dengan warna yang cerah dan lekukan yang sempurna memuat Lumia 1520 layak menjadi produk unggulan di luar sana. Lumia 1520 hadir dalam empat pilihan warna yaitu hitam, putih, merah, dan kuning dengan lapisan matte yang membuat jari Anda tidak meninggalkan jejak. Khusus untuk yang berwarna merah, Nokia memberikan sentuhan glossy yang membuatnya semakin menarik perhatian.

Hingga saat ini, Lumia 1520 adalah perangkat Lumia terbesar yang pernah Nokia luncurkan. Walau berbadan bongsor, Lumia 1520 tetap terlihat mempesona sekalipun dipegang oleh tangan wanita. Tubuhnya yang ramping dan tipis membuat Lumia 1520 tetap mantap ketika digenggam. Kami tidak terganggu dengan sudut-sudutnya yang terllihat kaku. Ukuran tubuhnya yang lebar membuat Lumia 1520 mengganjal saat dimasukkan ke dalam saku celana. Solusi lain jika Anda tetap memaksa mengantongi Lumia 1520 adalah dengan menempatkannya di saku belakang. Namun, kami tidak menyarankannya karena terlalu beresiko.

Tidak hanya terlihat premium, Lumia 1520 juga simple. Tidak banyak tombol yang memadati tubuh Lumia 1520. Di sisi kiri phablet tersemat slot untuk memori eksternal dan microSIM. Tombol volume, power, dan tombol terdedikasi kamera bisa Anda temui di sisi kanan phablet. Anda bisa menfaatkan port microUSB untuk mengisi daya dan menghubungkan phablet ini dengan perangkat lain. Terakhir, lubang jack audio 3,5 mm ditempatkan di bagian atas phablet. Well, kami cukup kagum dengan tampilan Lumia 1520 secara keseluruhan.

700-nokia_lumia_1520_group-shot_1

 

Layar

Demi membuktikan diri sebagai vendor yang selalu mengikuti tren, Nokia akhirnya memiliki varian produk berupa phablet. Yup! Lumia 1520 adalah phablet perdana Nokia dengan layar seluas 6 inch. Ini yang menjadi keistimewaan Lumia 1520 dibandingkan produk Lumia lainnya. Lumia 1520 akan berlenggok sebagai flaghsip Nokia di awal tahun ini. Kami dapat menikmati berbagai sajian di atasnya dengan leluasa.

Tidak sembarang menciptakan produk dengan layar yang lega, Nokia juga memperhatikan kualitas yang ditawarkan dari layarnya. Layar Lumia 1520 merupakan yang paling besar dan berkualitas dibandingkan pendahulunya. Dengan resolusi 1920 x 1080 pixel, pemilik Lumia 1520 akan dimanjakan dengan hamparan warna yang terang dan jelas. Yup! Ini adalah perangkat Windows Phone pertama yang memiliki dukungan layar full HD dari layar 6 inch. Kerapatan layarnya sebesar 386 ppi menjamin tampilan warna yang tajam.

Penggunaan teknologi IPS, sudut pandang layar menjadi luas dan lebar. Lumia 1520 semakin sempurna dengan adanya teknologi ClearBlack sehingga Anda tetap bisa memandang layar dengan jelas sekalipun berada di bawah terpaan cahaya matahari.

Sensitivitas layar Lumia 1520 juga patut diacungi jempol. Latarnya tetap bisa memberikan respon walau menggunakan sarung tangan. Untuk melindungi kemolekkan layar dari goresan, Nokia sudah menggunakan kaca Gorilla Glass sehingga Anda tidak perlu cemas meletakkan phablet ini di tas bersama benda lainnya.

Interface

Nokia 1520  menjalankan sistem operasi Windows Phone 8 dalam versi lama yaitu “Black”. Windows Phone tetap menyusun menu dalam bentuk live tiles. Eits! Tetapi tampilan menu awal pada Lumia 1520 terlihat berbeda dengan produk Windows Phone 8 lainnya.  Yup! Pada halamana muka, Anda bisa menempatkan hingga 3 jajaran menu.

Selain jumlah kolom yang lebih banyak, tampilan antarmuka pada Lumia 1520 tidak jauh berbeda dengan Windows Phone lainnya. Anda diberikan kebebasan untuk membuat jajaran shortcut dalam ukuran yang sesuai dengan selera. Ini akan memudahkan Anda untuk mengakses menu. Jika Anda masuk ke halaman menu, berbagai fitur dan aplikasi tersusun berdasarkan abjad. Anda bisa melakukan scrolling atau memanfaatkan “search” untuk menemukan menu atau aplikasi yang Anda cari.

Kamera

Kamera sudah menjadi fitur yang diunggulkan oleh seri Lumia. Yup! Semua kamera Lumia sudah didukung oleh lensa Carl Zeiss yang mampu menghasilkan gambar yang berkualitas, tidak terkecuali pada Lumia 1520. Phablet ini juga mendapat dukungan dari lensa Carl Zeiss agar aksi fotografi menjadi maksimal. Lumia 1520 sangat berguna bagi Anda yang suka traveling tetapi tidak ingin membawa kamera saku karena ingin praktis.

Bila berharap resolusi kameranya seperti Lumia 1020, nampaknya Anda harus kecewa karena Nokia hanya membekali Lumia 1520 dengan kamera beresolusi 20 megapixel. Hal ini disebabkan karena target pasar yang berbeda. Meski demikian, aksi kamera 1520 tidak akan mengecewakan.

Teknik oversampling yang digunakan pada Lumia 1020 juga diterapkan pada Lumia 1520. Artinya, Lumia 1520  menggunakan sensor 20 megapixel untuk menghasilkan gambar yang tajam dan bersih dari kamera 5 megapixel. Secara otomatis, Lumia 1520 akan menyimpan gambar dalam format kamera 16 mehgapixel dan 5 megapixel setiap kali digunakan. Lumia 1520 juga mengizinkan pengguna untuk memotret dalam format DNG untuk diproses RAW di komputer. Anda juga bisa manfaatkan kamera depan sebesar 1,2 megapixel untuk melakukan video call ataupun self-potrait.

Saat dibuktikan, hasil jepretan dari kamera Lumia 1520 cukup memuaskan. Kami tidak kehilangan detil gambar ketika membidik dalam kondisi cahaya yang cukup. Dalam ruangan minim cahaya, hasil foto dari Lumia 1520 juga masih tergolong baik. Terima kasih dual LED flash! Adanya tombol terdedikasi kamera memudahkan pengguna untuk dapat membidik gambar dengan mudah. Yup! Tombol ini merupakan jalan  pintas untuk membuka aplikasi Nokia Smart Cam untuk mendapatkan gambar dalam beberapa mode.

Tampilan interface kamera Lumia 1520 sudah mendekati apa yang dibutuhkan para mobile photografer. Ada fasilitas pengaturan white balance, fokus, ISO, shutter speed, serta brightness. Setelah gambar sudah tersimpan, Anda bisa mengeditnya dengan aplikasi yang sudah tersedia. Ini akan membuat hasil bidikkan Anda terlihat berbeda.

Selain dapat diandalkan untuk memotret, kamera Lumia 1520 juga dapat digunakan untuk merekam dalam pilihan 1080p atau 720p. Berkat 4 mic yang tersemat di dalam tubuh Lumia 1520, Anda akan mendapatkan video dengan suara yang bersih. Opical image stabilization juga akan meredam guncangan ketika Anda merekam. Good job!

 

“Secara otomatis, Lumia 1520 akan menyimpan gambar dalam format kamera 16 megapixel dan 5 megapixel setiap kali digunakan”

Kinerja

Untuk mengantarkan Lumia 1520 sebagai produk Windows Phone di kelas high-end, Nokia mengemas phabletnya ini dengan performa yang tinggi. Prosesor quad-core 2,2 GHz dari Qualcomm Snapdragon yang berpadu dengan RAM sebesar 2GB tentunya mampu memaksimalkan kinerja Lumia 1520 untuk melahap berbagai aplikasi dan fitur dengan cepat. Ketika kami coba menggunakan phablet ini untuk beraktivitas seperti foto, mengakses social media, browsing, dan membuka aplikasi lain, tidak ada kendala yang menghambat kerja Lumia 1520 secara keseluruhan.

Untuk menyimpan berbagai file, Nokia sudah menyediakan media penyimpanan internal sebesar 16 GB. Tentu saja Anda bisa memperluas media penyimpanan dengan microSD hingga 64 GB.

Konektivitas

Jaringan internet untuk mengkases email, social media, browsing, serta streaming merupakan kebutuhan utama para pengguna perangkat pintar. Koneksi sudah menjadi harga mati untuk semua smartphone, tablet, maupun phablet. Untuk itu, Nokia sudah membekali Lumia 1520 dengan teknologi LTE agar pengguna bisa menikmati layanan data hingga kecepatan 4G.

Jalur untuk berbagi file juga sudah termasuk lengkap. Anda bisa memanfaatkan fasilitas Bluetooth, WiFi, port microUSB, ataupun NFC ke perangkat yang sudah mendukung. Nah! Dengan adanya teknologi NFC, pemilik Lumia 1520 juga bisa mengisi daya baterai secara nirkabel melalui wireless charging.

“Nokia sudah membekali Lumia 1520 dengan teknologi LTE agar pengguna bisa menikmati layanan data hingga kecepatan 100 Mbps”

Baterai

Perangkat yang besar ini juga akan didukung dengan baterai berkekuatan besar pula. Yup! Daya Lumia 1520 disokong dari baterai 3400 mAh. Dengan baterai sebesar ini, Lumia 1520 bisa bertahan dalam waktu yang cukup lama. Dalam pengalaman yang dilakukan, Lumia 1520 akan menemani pengguna selama seharian dalam penggunaan aktif. Supaya hemat, ada fitur penghemat baterai yang bisa Anda aktifkan dari menu setting.

Maps

Ketika banyak orang mengandalkan Google Maps untuk mencari jalan serta navigasi, Nokia sangat percaya diri dengan aplikasi HERE MAPS, aplikasi peta buatan sendiri, dengan fitur untuk yang berguna bagi Anda yang ingin mengetahui arah. HERE Maps menjadi aplikasi standard yang dapat ditemui di seluruh perangkat Lumia. Lewat HERE Maps, Anda akan melihat lokasi seperti gedung, hotel, toko dalam tampilan 3D. Bila Anda menyentuh salah satu gedung, Anda akan mendapatkan informasi yang lebih detil. Selain peta, Nokia juga menawarkan aplikasi navigasi yang disebut HERE Drive. Anda juga akan dipandu oleh suara dari aplikasi ini.

Story Teller

Kehadiran Lumia 1520 semakin lengkap dengan adanya aplikasi terbaru yang disebut Story Teller. Aplikasi ini bekerja untuk mengelompokkan foto berdasarkan tanggal atau lokasi pengambilan. Dengan memanfaatkan Story Teller, Anda bisa bercerita tentang perjalanan dengan menggunakan foto yang sudah terkelompokkan secara otomatis. Jika di-zoom out, Story Teller akan memperlihatkan peta lokasi dimana foto tersebut diambil.

Saat membidik gambar, Lumia 1520 akan mengirimkan data ke satelit secara langsung untuk menemukan lokasi Anda. Di sini, Anda tidak memerlukan koneksi internet. Tetapi jika ingin membuka foto lewat aplikasi Story Teller, hal yang dibutuhkan adalah koneksi internet dari operator maupun dari WiFi.

wp_ss_20140303_0010

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI