Nokia Jaring Developer Lokal untuk Kembangkan Aplikasi Asha

Nokia Asha 302 Launching

Jakarta – Demi membangun ekosistem dan mendukung para developer lokal dalam mengembangkan aplikasi, Nokia meluncurkan program bertajuk ‘”Nokia Asha Premium Developer Program’, yang bertujuan untuk memfasilitasi para developer lokal mengembangkan aplikasi untuk ponsel seri Asha.

Program yang telah dimulai sejak bulan Februari tahun ini dibentuk Nokia ini bertujuan membantu para developer yang mempunyai minat dalam membangun ekosistem pada ponsel Nokia. Developer yang memiliki potensi akan didorong untuk berkembang oleh Nokia dalam mengembangkan aplikasi.

Para pengembang yang bergabung dengan program Nokia Developer memiliki kesempatan untuk menjajakkan aplikasinya lewat Nokia Store dan Windows Store. aplikasi akan dipilih berdasarkan revenue aplikasi, jumlah download, dan rating.

Aplikasi yang disajikan di dalam Nokia Store dan Windows Store adalah aplikasi berbayar dengan menggunakan sistem pembayaran operator billing. Para pengembang akan menerima 80 persen dari keuntungan yang diperoleh, dan sisanya akan dibagi oleh Nokia dan operator.

Selain itu, akan ada seleksi berupa kompetisi yang dilakukan setiap kuartal untuk memenangkan hadiah total Rp 200 juta.

Dalam program ini, Nokia akan membantu developer dalam mempromosikan aplikasi lewat iklan. Para developer akan dibagi kedalam dua level, yakni level premium dan level VIP dengan benefir yang berbeda, Dengan biaya sebesar USD 99, developer lokal akan mendapatkan total benefit sebanyak USD 1500.

Sementara untuk developer yang sudah sampai level VIP, Nokia akan memberikan keuntungan berupa highlight application, early adopter program, dan new device testing. Namun, Nokia menuntut para developer untuk merilis produk terbarunya setiap 2 bulan.

“Kami akan memberikan update dari aplikasi yang kami buat minimal setiap bulan,” jelas Gathot Fajar, CEO Creacle Game Studio, salah satu developer yang didorong oleh Nokia, saat ditemui telsetNews, Jakarta, Rabu (3/4).

Sementara itu, Narenda Wicaksono, Developer Experience Manager Nokia mengatakan, pihaknya tidak hanya mencari developer, tetapi juga akan membawa peserta road show ke lima kota besar.

Untuk meramaikan jumlah developer lokal, Nokia pun melangsungkan Asha development competition yang sudah berjalan sejak akhir Februari dan sudah memiliki peserta lebih dari 200 developer yang akan memperebutkan total hadiah RP 200 juta.

“Batas akhir pengumpulannya adalah akhir April untuk aplikasi lokal dan akhir Juli untuk aplikasi global. Penentuan pemenang akan dilakukan dengan melihat jumlah download terbanyak,” jelas Narenda.[LKH/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0