telset

Nokia House Terjual Seharga Rp 2,1 Triliun

Jakarta – Nokia akhirnya telah resmi menjual aset propertinya yang selama ini menjadi kantor pusat mereka di Finlandia. Gedung yang biasa dijuluki sebagai ‘Nokia House’ itu dibeli firma real estate, Exilion Capital dengan harga USD 222 juta atau sekitar Rp 2,1 triliun.

Penjualan lahan milik Nokia seluas 48.000 m2 di Keilaniemi, Espoo, Finlandia itu diyakini sebagai dampak krisis keuangan yang menghantam vendor tersebut beberapa tahun terakhir.

“Kami sudah selesai membicarakan proses penjualan, dan kami sangat senang dengan hasil ini. Seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya, memiliki real estate bukan bagian bisnis dari Nokia dan saat kesempatan yang baik itu muncul, kami bersedia untuk tinggalkan aset non-inti kami,” kata Timo Ihamuotila, Chief Financial Officer Nokia.

“Kami akan tetap beroperasi di kantor pusat tersebut dalam jangka waktu yang panjang,” sambungnya di situs resmi Nokia yang telsetNews kutip, Rabu (5/12).

Walaupun telah dijual, tapi Nokia memang masih akan menempati markas besarnya yang telah ditempati sejak 1997 itu. Namun statusnya kini tak lagi sebagai pemilik, melainkan hanya sebagai penyewa gedung yang diarsiteki Pekka Helin itu.

Nokia tengah berupaya untuk mengembalikan hegemoninya sebagai penguasa pasar ponsel global yang kini berhasil direbut Samsung. Raksasa Finlandia tersebut sempat berjaya selama 14 tahun sebagai produsen ponsel terbesar di dunia.

Seperti diketahui, Nokia harus tergusur oleh dua pesaing beratnya, Samsung dan Apple. Krisis keuangan yang melanda Nokia telah memaksa perusahaan tersebut melakukan efisiensi anggaran secara besar-besaran.

Langkah kurang populis terpaksa diambil Nokia dengan merumahkan sekitar 10 ribu karyawannya. Dan penjualan kantor pusat ini juga dinilai sebagai bagian dari kebijakan efisiensi yang dilakukan Nokia.

Saat ini Nokia coba bangkit dengan menggandeng raksasa perangkat lunak, Microsoft yang mengembangkan sistem operasi Windows Phone. Nokia berharap dengan Windows Phone bisa mengembalikan singgasananya yang direbut Samsung.[hbs]

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0