telset

Nokia Mengakui Iklan PureView Lumia 920 Palsu

Jakarta – Nokia mengakui telah membuat kesalahan dalam mengiklankan kemampuan fitur Optical Image Stabilizationnya (OIS) di Lumia 920. Iklan yang dibuat itu ternyata palsu karena tidak direkam menggunakan ponsel tersebut.

Kasus “iklan palsu” ini pertama kali diungkap oleh PocketNow, yang melihat adanya kejanggalan dalam tayangan iklan yang berjudul ”PureView The Next Innovation”. Video tersebut diklaim Nokia sebagai hasil rekaman menggunakan kamera Lumia 920

Seperti dikutip telsetNews dari PocketNow, Kamis (6/9), kejanggalan terjadi pada detik 0:27 di video, dimana pada bagian belakang terlihat pantulan objek kameramen pada jendela yang terekam di gambar tersebut.

Dengan melihat gambar itulah maka video tersebut diyakini tidak direkam menggunakan kamera Nokia Lumia 920, melainkan direkam menggunakan kamera profesional.

Dan mengetahui kebohongannya telah terungkap ke publik, Nokia akhirnya segera membuat pernyataan yang mengakui telah melakukan kesalahan. Vendor ponsel asal Finlandia itu mengatakan video itu memang tidak diambil menggunakan kamera dari perangkat Lumia 920.

Nokia berdalih video itu dibuat hanya untuk menggambarkan bagaimana hasil rekaman video yang menggunakan teknologi OIS terbaru milik mereka.

“Video ini tidak diambil dengan menggunakam Lumia 920. Kami meminta maaf atas kebingungan yang muncul,” ujar juru bicara Nokia, Heidi Lemmeteyinen di dalam blog Nokia.

“Kami seharusnya menampilkan disclaimer yang menyatakan bahwa video ini hanyalah representasi dari OIS. Kami akan terus berusaha menghadirkan Nokia Lumia 920 dengan teknologi PureView OIS beberapa waktu ke depan dalam tahun ini,” sambungnya.

Setelah terungkapnya kasus video iklan palsu ini, Nokia kini telah memposting video baru yang menunjukkan perbedaan kualitas video dari smartphone tanpa OIS dan Lumia 920 PureView.

Fitur OIS sendiri berfungsi agar dapat mempertahankan kualitas foto disaat terjadi guncangan pada waktu pengambilan gambar. Nokia mengklaim kemampuan teknologi kameranya ini mampu bersaing dengan smartphone milik para kompetitornya, seperti Apple, Samsung, dan HTC.

Berikut ini kami tampilkan gambar serta tayangan video yang diketahui palsu dan juga video terbaru yang menampilkan perbedaan kualitas video smartphone yang menggunakan OIS dan yang tidak:

 

 

http://www.youtube.com/watch?v=cimDfEIEiu0&feature=player_embedded

 

http://www.youtube.com/watch?v=6HSbhyaH0vw&feature=player_embedded

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0