Nexian NX

Inilah ponsel baru lansiran vendor lokal yang mengedepankan kemampuan layar sentuh. Nexian pun menjejalkan beberapa aplikasi siap pakai (launcher), tidak hanya sekedar icon shortcut. Pemilihan warna putih untuk cover ponsel membuat kesan bersih sekaligus elegan. Belum lagi tambahan sarung ponsel sebagai bonus didalam kardus pembungkus produk bundling dengan Telkomsel ini. Sebuah kemasan dagang yang menarik dan komplit!

Harga :

Technical Spec

Screen 2.8 inch QVGA Touch Screen LCD

Storage Internal 25 MB, external microSD up to 8GB

Connectivity GSM, GPRS, Bluetooth, Mini USB

Camera 2 MP

Media Video&Audio Recording/Player

System MediaTek (MTK)

User Interface

  • Penggantian wallpaper mudah saja dilakukan, cukup menggeser jari pada layarnya

  • Live wallpaper atau animasi layar membuat tampilan ponsel makin enak untuk sekedar dilihat, dengan dua pilihan gambar bergerak yakni bubble dan ladybug

  • Aplikasi widget tersimpan rapi pada sisi kiri dan bisa dikeluarkan sewaktu hendak diakses

  • Aplikasi bisa dipindahkan tempatnya pada layar dengan sesuka hati, termasuk menyembunyikannya

  • Akses menu dibagi menjadi dua halaman, cukup menggeser layar untuk berpindah halaman

  • Menu pesan, kontak dan nomor telepon selalu tersedia dibagian bawah layar dan bisa diakses tiap waktu

Communication

Kelebihan yang bisa dirasakan dari ponsel semacam ini tentu terletak pada jumlah kartu. Pengguna bisa memanfaatkan satu kartu bawaan bundling Telkomsel dan satu slot kosong lain untuk diisikan dengan kartu GSM lain. Dan jika dilihat pada fitur dan aplikasi yang tersemat pada menu, jelas Nexian mengedepankan Nexian Messenger sebagai aplikasi pengembangan mereka yang mirip BlackBerry Messenger. Selebihnya, tidak ada fitur yang amat menarik untuk dijadikan andalan.

How To Make A Call :

  • Tekan tombol panggil™ pada sisi kiri ponsel

  • Pengaturan panggilan bisa dilakukan lewat cara menyentuh layar, apakah hendak menggunakan SIM 1 atau SIM 2 pada ponsel

  • Pengguna bisa melihat data panggilan masuk, panggilan keluar dan gagal

  • Menu menghadirkan pilihan untuk melihat durasi panggilan, biaya panggil serta pencacah GSM dan GPRS ponsel

  • Kontak selalu tersaji di sisi bawah layar untuk dipakai sewaktu waktu

Camera

Apa yang bisa diperoleh pada kamera Nexian Tap tidaklah terlalu istimewa. Fitur bawaan utama sudah tersaji lengkap dan terlihat pada layar seperti resolusi, kualitas gambar, pengaturan efek, maupun timer sebagai pengukur waktu foto. Namun, hasil yang dihasilkan kamera ini termasuk baik terutama bila mampu memanfaatkan white balance dengan baik. Untuk standar resolusi yang dipilih serta kualitas mulai dari rendah, sedang dan bagus akan berdampak pada besaran memori yang dibutuhkan untuk menyimpan gambar.

  • Pada layar bisa dilihat hampir semua mode pengaturan kamera

  • Untuk pengaturan lebih terperinci bisa mengakses menu dibagian pojok bawah

  • Hasil foto bisa dilihat pada gallery dengan format simpan .jpg

  • Pilihan white balance diantaranya auto, siang hari, tungsten, floursencent, berawan dan incandescent

  • Pengguna juga bisa memanfaatkan pengaturan efek pada menu untuk hasil gambar lebih variatif

Connectivity

Apa yang akan ditemukan pada Nexian Tap, umumnya bisa ditemui pada ponsel lokal kebanyakan. Konektivitas jaringannya berada pada frekuensi dual band GSM, sedangkan untuk akses data menggunakan kemampuan GPRS. Sementara untuk pemanfaatan Bluetooth bisa dilakukan untuk mengoptimalkan fungsi handsfree atau berkirim data secara nirkabel. Meski dibagian atas, pengguna tetap bisa menemukan port mini USB untuk koneksi data dengan perangkat lainnya. Tidak ada Wi-Fi bisa jadi satu kekurangan, tapi dengan harga dibawah satu juta rasanya hal tersebut jadi masuk akal.

How To Share :

  • Untuk sharing informasi atau update status, bisa menggunakana aplikasi seperti facebook dan twitter yang telah tersemat, dan diperlukan koneksi GPRS sebelumnya

  • Sementara untuk share data, pertama bisa menggunakan koneksi kabel lewat mini USB dibagian atas ponsel

  • Pilihan lain memanfaatkan fitur Bluetooth untuk aktivitas transfer nirkabel

  • Bluetooth bisa diaktifkan untuk dicari dan mencari perangkat Bluetooth lain yang akan terhubung

  • Termasuk mengganti nama, memblokir perangkat Bluetooth lain, maupun pilihan simpan langsung pada memori

Multimedia

Untuk ponsel sekelas Tap G868, fitur multimedia yang bisa ditemukan termasuk lumayan lengkap. Meski secara konten sudah sering ditemukan pada ponsel lokal lain, tapi Nexian mampu mengemasnya dengan sangat baik. Tampilan aplikasi penuh warna, termasuk pilihan akses dan penggunaan yang mudah tentu menyenangkan pengguna ketika menjalankannya. Fitur yang tersemat pada multimedia juga tidak sedikit termasuk perekam suara dan radio FM. Termasuk fitur olahan Nexian untuk penggunanya, membuat keasyikan menggunakan ponsel ini makin terasa komplit.

Audio Player

Music menjadi bagian tak terpisahkan, dipadu dengan tampilan yang menarik dari aplikasinya tentu membuat nyaman ketika menggunakannya. Seperti biasa, kriteria dibagi berdasarkan artist, track, album dan genre musiknya. Termasuk kemungkinan untuk membuat playlist agar bisa langsung menikmati music yang hendak diputar.

Permainan

Untuk setting default, game yang bisa ditemukan pada ponsel ini lumayan variatif. Tapi itu hanya kesan pertama saja, karena game gratisnya hanya puzzle dan magic sushi saja. Sementara sisanya seperti dream stone, special forces dan icefall mesti membayar aktivasi terlebih dulu senilai Rp8000 untuk bisa memainkannya.

Chatting Apps

Meskipun desain ponsel ini mengambil bentuk touchscreen tanpa papan ketik nyata, tetapi NX-G868 dilengkapi lebih dari satu aplikasi chatting siap pakai. Nama populer seperti MSN, Skype, sampai Yahoo Messenger bisa ditemukan dalam setting default tanpa perlu mengunduh lagi. Ditemukan pula Nexian Messenger bawaan Nexian.

Perekam

Tidak hanya dapat merekam suara, tapi ponsel ini pun mampu merekam video lewat kamera 2 MP. Bila masih kurang, pengguna juga bisa merekam siaran radio secara live saat siaran berlangsung. untuk hasil rekam audio akan dijumpai file berformat amr. Sedangkan videonya mengaplikasikan file jenis 3gp yang bisa diputar ulang.

System

Ternyata keberhasilan Nexian Journey tidak membuat Nexian terus menelurkan ponsel berbasis Android. Terbukti dengan Nexian Tap yang kembali memanfaatkan sistem berbasis MTK. Sistem semacam ini memang bisa jadi pilihan untuk menekan harga jual ponsel karena tak perlu menegluarkan uang lebih mengambil OS bagus. Paling tidak sistem ini juga mendapat dukungan JAVA, sehingga pengguna bisa menambahkan aplikasi lain dari pihak ketiga.

Aplikasi and fitur pada ponsel berbasis MTK memang bisa dikatakan sama. Tapi Nexian mampu mengemasnya dengan baik, terutama lewat tampilan homescreen dan user interface yang penuh warna dan relative mudah digunakan. Dukungan memori internal 25 MB terasa lumayan untuk penambahan aplikasi lain, termasuk kemungkinan ditambah melalui slot memori microSD.

 

Application

Nexian termasuk inovatif dalam memuat aplikasi kreasi mereka sendiri. Tidak kurang ada tiga aplikasi berafiliasi dengan Nexian pada ponsel yakni Nexian Messenger, Nexian Zone dan NMC Player. Kesemuanya bisa digunakan lewat akses GPRS untuk kemudahan pengguna tentunya. Nexian Messenger tentu akan dimanfaatkan mereka yang gemar chatting dan curhat secara online, apalagi konsepnya mirip BlackBerry Messenger. Sementara Nexian Zone menawarkan fitur dan aplikasi tambahan untuk ponsel, dan NMC menjadi bagian dari kampanye menikmati music secara lebih legal.

Selain itu, masih bisa ditemukan pula aplikasi umum yang juga bisa dimanfaatkan seperti facebook, Yahoo messenger, twitter sampai MSN. Untuk fitur dan aplikasi lainnya, pengguna tertahan pada terbatasnya kemampuan sistem untuk memuat fitur bagus. Namun untuk sebuah fungsi standar, ponsel ini sudah cukup mumpuni.

{jcomments on}

Previous articleMenyaksikan dan Merekam 3D dengan Acer Revo 100
Next article3 Alasan Orang Memilih Android Dibanding BlackBerry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here