Rentetan Foto Menakjubkan di Hari Jadi 30 Tahun Teleskop Hubble

Teleskop Hubble

Telset.id, Jakarta NASA merayakan 30 tahun teleskop luar angkasa Hubble mengorbit. Badan antariksa Amerika Serikat (AS) itu merayakannya dengan memamerkan berbagai foto menakjubkan bersama para penggemar teleskop Hubble di seluruh dunia.

Selama tiga dekade terakhir, teleskop Hubble telah memancarkan foto menakjubkan dari luar angkasa ke Bumi. Gambar dan data yang dikumpulkan Hubble mengubah pemahaman kita tentang kosmos.

Dilansir New York Post, sebagai bagian dari perayaan ulang tahun ke-30 teleskop Hubble, NASA telah meluncurkan halaman atau situs yang memperlihatkan foto yang diambil tepat pada hari ulang tahun para penggemarnya.

{Baca juga: NASA Bikin Game untuk Selamatkan Terumbu Karang}

Dikutip Telset.id, Senin (27/04/2020), ada beberapa foto terbaik Hubble yang diabadikan selama bertahun-tahun. Satu di antaranya adalah gambar sisa-sisa supernova kuno yang berukuran cukup besar.

Seringkali, bintang-bintang besar runtuh dari awan kosmik yang cukup luas, memicu dan menciptakan unsur-unsur berat di inti. Setelah beberapa juta tahun, materi meledak ke ruang antarbintang.

Awan puing yang meluas tersebut bernama Cassiopeia A. Ia terbentuk hampir 12.000 tahun lalu. Menurut penjelasan NASA, Cassiopeia A adalah sisa supernova termuda yang ada di galaksi Bima Sakti kita.

{Baca juga: Teori Baru Tentang Misteri Planet Ekstrasurya Menghilang}

Ada pula foto Jupiter nan menakjubkan yang menunjukkan “badai besar” berputar-putar di atas permukaan. Di Bintik Merah Besar lebih luas dari Bumi itu terdapat angin kencang mencapai 425 mph.

Para astronom juga melihat sebuah galaksi di alam semesta yang jauh yang tampak diduplikasi di langit malam setidaknya 12 kali. Pemandangan tersebut memberi pemahaman lebih baik soal alam semesta. (SN/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here