NASA Kirim Toilet Seharga Rp 342,5 Miliar ke Luar Angkasa

toilet luar angkasa
(Image: © NASA)

Telset.id, Jakarta  – NASA siap meluncurkan toilet luar angkasa baru seharga USD 23 juta atau sekitar Rp342,5 miliar ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Peluncuran akan dilakukan pada minggu ini.

Toilet tersebut akan diuji oleh para astronot sebelum digunakan dalam misi masa depan ke Bulan atau Mars. Toilet itu memakai Sistem Pengelolaan Limbah Universal atau UWMS serta berbobot lebih ringan.

{Baca juga: NASA Bersiap Kirim Helikopter ke Mars}

Dikutip Telset.id dari Space, toilet baru simpel NASA akan diluncurkan ke stasiun luar angkasa internasional menggunakan kapsul kargo Northrop Grumman Cygnus pada Selasa (29/9/2020) waktu setempat sebagai bagian dari misi suplai rutin.

Setelah berada di stasiun luar angkasa, toilet akan diuji oleh astronot guna mengecek cara kerja di lingkungan gayaberat mikro. Sistem tersebut akan dipasang berdekatan dengan toilet  yang sekarang ada di ISS.

Manajer Proyek Pengurangan Logistik Sistem Eksplorasi Lanjutan NASA, Melissa McKinley, mengatakan bahwa Ekspedisi 63 astronot Chris Cassidy dan Ivan Vagner sudah mempersiapkan pengirimannya.

Awak akan menggunakan lengan robot Canadarm2 di laboratorium yang mengorbit untuk menangkap pesawat ruang angkasa Cygnus. “Toilet itu dirancang untuk eksplorasi,” demikian kata McKinley.

{Baca juga: Wabah Corona Belum Batalkan Niat NASA Kirim Robot ke Mars}

Desain canggih toilet luar angkasa mencakup corong urine dan tempat duduk yang dibuat agar lebih dapat menampung awak perempuan. Toilet juga dilengkapi pemisah kipas ganda titanium teknologi cetak 3D. [SN/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here