Mozilla Firefox 4, Dirilis Minggu Depan

(Jakarta) – Mozilla sedang menyelesaikan tahap akhir dari browser Firefox versi 4. Hal ini dilakukan untuk mengurangi tekanan yang dilakukan dari berbagai pesaingnya yang sudah meluncurkan versi terbarunya. Pasca hacking contest sebagai bagian konferensi CanSecWest di Vancouver, Kanada, 9-11 Maret 2011 lalu. Seperti Microsoft dengan Internet Explorer 9 nya.

Minggu lalu, Mozilla hanya meluncurkan Firefox 4 dengan sistem operasi yang digunakan Windows, Mac dan Linux. Selang lamanya waktu bisa memberikan penguji sedikit waktu untuk mengevaluasi produk, yang tersedia di lebih dari 70 bahasa ini. Namun, Damon Sicore, Direktur Teknik Platform, mengatakan bahwa Firefox 4 RC1 menerima dengan ramah karena sudah tiba saatnya bagi Mozilla untuk membuat keputusan mengeluarkan semua itu.

Walaupun Mozilla belum membuat keputusan final pada tanggal 22 Maret nanti untuk merilisnya, “sejauh ini, tidak ada masalah yang dideteksi yang dapat menghentikan kita untuk menunda perilisan RC1 versi final,” tulis Sicore dalam forum komunitas pengembang. “Jika suatu saat kita menemukan masalah yang akan menutup versi final, kami akan menerbitkan RC2 secepat mungkin. Setel ulang tanggal perilisan, dan memberitahu kepada semua orang,” ujar Sicore seperti dikutip Telsetnews dari Yahoo.

Menurut Net Applications, Internet Explorer memimpin pasar browser global pada bulan Februari dengan pangsa 56,77&, diikuti oleh Firefox 21,74%, Google Chrome 10,93%, dan Apple Safari 6,36%. Meskipun Firefox kehilangan sekitar satu persen dari bulan sebelumnya. Hal ini disebabkan karena perubahan bobot oleh penyedia web metrik berdasarkan data dari CIA pada pengguna internet per negara.

Firefox 4 memberikan kecepatan setiap kali start-up dan graphics rendering. Sedangkan dukungan browser untuk format WebM akan memungkinkan video berkualitas tinggi untuk dilihat secara langsung. Browser baru juga sudah dilengkapi WebGL, sebuah standar terbuka untuk rendering grafis 3D. WebGL akan memudahkan bagi para pengembang web untuk membuat game 3D interaktif, grafis lebih hidup, dan pengalaman visual baru untuk Firefox tanpa memerlukan plug-in khusus. WebGL didasarkan pada OpenGL, ES 2.0 3D API yang sama digunakan untuk Android dan pengembangan IOS, catat Principal Firefox Engineer, Vlad Vukicevic.

“Banyak sumber daya yang tersedia untuk ES 2,0 pengembang memahami secara langsung terhadap pembangunan WebGL,” tulis Vukicevic dalam sebuah blog. Tidak seperti desktop atau pengembangan OpenGL mobile, hal ini sangat memudahkan bagi kita untuk memulai dengan WebGL – beberapa HTML sederhana dan konten JS memungkinkan Anda segera mulai menulis kode WebGL, tambah Vukicevic. (TSN/Azis)

 

Previous articleData Storage Drive dari Seagate
Next articleOperator Dituntut Berevolusi ke Telko-Internet

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here