Mozilla akan Pensiunkan Firefox OS untuk Smartphone

Telset.id – Bagi Anda yang menginstall OS Firefox di smartphone, mungkin harus siap-siap pindah. Lantaran, Mozilla berencana menyetop dukungan ke OS Firefox untuk smartphone.

Mozilla mengumumkan keputusan ini melalui email, setelah merilis OS Firefox 2.6. Menurut mereka, langkah ini dilakukan untuk menyesuaikan OS Firefox di ranah internet of things yang terus berkembang.

Ari Jaaksi, SVP of Connected Devices Mozilla mengatakan, bahwa OS Firefox terbukti mampu digunakan di Web, mulai dari penggunaan untuk smartphone murah hingga ke HD TV.

“Bagaimanapun juga, kami tidak bisa menawarkan pengalaman pengguna terbaik, sehingga kami menghentikan penawaran OS Firefox untuk smartphone melalui kanal operator,” kata dia, seperti dikutip dari Engadget.

Walaupun Mozilla menutup pintu bagi OS mobile, namun perusahaan ini tidak meninggalkan para developer-nya. Sebab, OS Firefox akan dikembangkan di aneka device seperti smart TV dan dua produk lain yang masih dirahasiakan.

Dengan penghentian dukungan ini, mimpi Firefox untuk jadi OS tandingan Android dan iOS juga gagal. Sebelumnya, OS Windows Phone dari Microsoft juga menyerah sementara OS Windows 10 belum kentara gaungnya. [VP/HBS]

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI