telset

Mozilla akan Kembangkan Sistem Operasi Berbasis Web

Jakarta – Perusahaan mesin pencari, Mozilla, sebagai pembuat browser Firefox sedang mengembangkan usaha ambisiusnya, yakni membangun sebuah sistem operasi baru yang berbasis web.

Seperti dikutip telsetnews dari ubergizmo, Rabu (27/7), Mozilla berencana akan membangun sebuah sistem operasi baru yang berbasis web, seperti Chrome OS milik Google. Proyek pengembangan sistem operasi ini dinamakan Mozilla sebagai Boot to Gecko™ atau B2G.

Teknisi Mozilla, Andreas Gal mengatakan sistem operasi ini rencananya akan digunakan untuk smartphone dan tablet. Dengan berkembangnya industri smartphone dan tablet, Mozilla yakin sistem operasi buatannya tersebut dapat bersaing dengan sistem operasi lainnya.

Sebagai langkah awal pembangunan sistem operasi tersebut, Mozilla kemungkinan akan memakai kernel dan driver Android sebagi titik acuan. Namun pihak mozilla mengatakan bahwa dalam proyek ini akan diusahakan seminimal mungkin dalam penggunaan sistem operasi Android.

Saat ini, B2G masih dalam tahap pengembangan konseptual, dimana pengembang harus meletakkan dasar untuk menggelar sekelompok API baru, protokol keamanan, dan aplikasi untuk mengeksplorasi kemampuan yang potensial.[tsn/hbs]

{jcomments on}

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0