Monyet Kalahkan Manusia dalam Permainan Komputer

Monyet Kalahkan Manusia

Telset.id, Jakarta – Monyet telah membuktikan bahwa mereka dapat berpikir ‘outside the box’ lebih baik daripada manusia. Hal itu bisa dibuktikan saat monyet berhasil mengalahkan manusia dalam permainan komputer.

Adalah Julia Watzek, seorang mahasiswa pascasarjana di bidang psikologi di Georgia State University, membuat semacam tes problem-solving menggunakan video game.

{Baca juga: Bikin Merinding! Ilmuwan Berhasil Kloning Seekor Kera}

Ia mengundang relawan, terdiri dari beberapa manusia dan beberapa monyet capuchin, serta monyet rhesus untuk mengikuti permainan.

Dalam permainan ini, sukarelawan diminta untuk memainkan game sederhana yakni mengenali bentuk-bentuk geometris.

Ketika seorang pemain mengklik kotak bergaris-garis dan kemudian sebuah kotak berbintik, hasilnya akan menampilkan segitiga biru.

Mengklik segitiga biru akan menghasilkan ‘kemenangan’. Manusia yang menang mendapat sebuah suara “menghibur” sederhana, sementara hewan cerdas itu mendapat sedikit pisang yang manis.

Setelah para pemain terbiasa dengan pola permainan itu, para eksperimental membuat variasi aturan permainan. Mereka akan memunculkan segitiga biru pada awal permainan, tanpa perlu mengklik kotak.

Sebagian besar monyet langsung mengambil jalan pintas dari aturan baru. 70 persen dari mereka langsung mengklik segitiga biru segera setelah mereka melihatnya.

Sementara itu, hampir semua relawan manusia bersikeras pada aturan awal dan mengabaikan “hadiah gratis” segitiga biru. Hanya satu subjek manusia percobaan dari 56 peserta yang mengambil keuntungan dari aturan baru itu.

“Saya benar-benar terkejut bahwa manusia, sebagian besar terus menggunakan strategi yang sama,” kata Julia kepada Live Science.

{Baca juga: Ilmuwan Teliti Otak Buaya Pakai MRI dan Musik Klasik}

Dalam percobaan lebih lanjut, peserta dari relawan manusia yang sama diperlihatkan video peserta yang menggunakan jalan pintas dan diberitahu agar tidak takut “untuk mencoba sesuatu yang baru.”

Hasilnya, sekitar 30 persen dari peserta tetap terjebak dengan metode pertama , yakni “dua kotak pertama” sebelum mengklik segitiga biru.

 

Sumber: Dailystar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here