Monitor Detak Jantung Apple Watch Kurang Akurat

Apple Watch sensor detak jantungJAKARTA – Jam tangan pintar Apple Watch dilengkapi fitur sensor heart rate monitor atau monitor detak jantung. Sensor ini diletakkan pada bagian bawah jam, dan akan berfungsi untuk mengukur tingkat kebugaran dengan mendeteksi detak nadi pengguna. Sayangnya, sejumlah pengguna melaporkan sensor detak jantung di Apple Watch tidak akurat

Keluhan tidak akuratnya pembacaan monitor jantung di Apple Watch ini disampaikan para pengguna di forum Apple Support Comunities dan juga di situs Reddit. Sejumlah pengguna bahkan mengatakan telah mengirim Apple Watch kembali ke Apple untuk mendapatkan penggantian unit baru, tapi masalah tersebut tetap belum teratasi.

Nampaknya masalah ini bukan disebabkan karena adanya bugs di jam tangan pintar tersebut, tapi memang Apple Watch memiliki kemampuan sensor monitor detak jantung yang kurang baik, sehingga hasilnya tidak terlalu akurat. Ketidakakuratan ini dapat terlihat saat pengguna melakukan latihan fisik yang intens.

Hasil pengukuran di Apple Watch dinilai sangat berlawanan dengan monitor detak jantung lainnya seperti yang dibuat oleh Polar. Jika dibandingkan, hasilnya sangat berbeda satu dengan lainnya, yang berarti terkait dengan cara kedua perangkat mengumpulkan data.

Mananggapi banyaknya keluhan penggunanya, Apple coba memberikan alasan kenapa terjadi perbedaan pengukuran. Menurut Apple, jenis gerakan yang beragam akan menghasilkan pemindaian yang berbeda. Pengukuran akan akurat jika gerakan yang dilakukan pengguna memiliki ritme yang tetap.

Apple mencontohkan gerakan seperti berlari akan memberikan pembacaan yang akurat, sementara jenis gerakan yang tidak beratiran seperti mengangkat beban, memukul pada olahraga tinju, dan mengayunkan tangan saat bermain tenis, akan memberikan pemindaian yang berbeda.

Apapun alasan Apple, kenyataannya kini banyak pengguna yang sudah mulai kecewa dengan kualitas pengukuran pada sensor detak jantung di Apple Watch. Daripada banyak berdalih, Apple sebaiknya memberikan update software untuk memperbaiki ketidakakuratan tersebut, sebelum semakin banyak pengguna yang kecewa.[HBS]

 

SourceUbergizmo

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI