telset
spot_img

Mobile Payment Masih Terkendala Regulasi dan Jaringan

Jakarta – Layanan Mobile Payment diyakini akan menjadi pemicu perkembangan e-commerce di Indonesia. Namun sayangnya, pergerakkannya dinilai masih sangat lamban akibat terkendala masalah regulasi dan jaringan yang belum maksimal.

“Metode pembayaran dengan cara mobile memang sangat menguntungkan, tetapi dengan syarat infastruktur pendukungnya harus komplit agar bisa lebih optimal,”  ujar Saladin D. Effendi, Senior Vice President IT Operation Bank Ekonomi, kepada telsetNews, di Jakarta, Kamis (22/11).

“Kendala yang sering dihadapi di sini adalah sering kali terbentur soal regulasi dan infrastruktur jaringan yang belum optimal, makanya jadi terlihat berjalan lambat,” jelasnya.

Ia menuturkan, untuk bisa menjalankan mobile payment, pihak bank harus terlebih dahulu mempersiapkan infrasturkturnya agar bisa berjalan optimal. “Infrastruktur perbankan harus lebih siap, seperti halnya service availability dan connectivity,” jelasnya.

Saladin juga menuturkan, bahwa Service availability merupakan bentuk utama pelayanan ke pelanggan, sehingga bisa memberikan kenyamanan. Syaratnya, merchandt nya sebagai koneksi sudah mendukung atau sudah banyak.

“Sayangkan kalau fungsi payment di smartphone hanya berlaku untuk beberapa hal saja, misalkan hanya untuk pembayaran 10 merchandt saja. Jadi terlihat kurang maksimal,” tuturnya.

Oleh sebab itu, katanya, ia berharap keterikatan dari pihak pemerintah, bank, operator telco, merchandt, developer dan service provider menjadi sangat penting untuk berkembangnya ekosistem pemabayaran ini.

Menurutnya, Bank Ekonomi juga sudah melihat trend peningkatan penggunaan smartphone yang semakin meningkat. Oleh sebab itu Bank Ekonomi akan mulai mengembangkan layanan mobile payment.

”Kita memang sedang dalam tahap roll-out yang kita sebut dengan mess mobile payment, tapi kita tidak bisa jelaskan sekarang,” pungkasnya. [wnh/hbs]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0