Mobil Terbang PAL-V akan ‘Mengudara’ di Geneva

Telset.id, Jakarta – Mobil terbang PAL-V Liberty akan dipamerkan pada gelaran Geneva Auto Show 2018. Kendaraan tersebut berbentuk mobil roda tiga yang bisa diubah menjadi gyrocopter  – bukan helikopter – dalam waktu hanya sekitar lima menit.

PAL-V Liberty menggunakan dua mesin pesawat Rotax dan telah dirancang untuk memenuhi spesifikasi kendaraan terbang versi Eropa maupun Amerika Serikat.

Dilaporkan Slashgear, setelah mejeng di Geneva Motor Show 2018, PAL-V Liberty bakal melalui tahap terakhir sertifikasi. Pada 2019, PAL-V Liberty siap diproduksi secara massal.

PAL-V Liberty sebenarnya telah dikembangkan sejak sepuluh tahun lalu. Model atau konsepnya muncul pada 2008 dan sudah melewati tes uji coba terbang pada 2011.

“Saat terbang, PAL-V Liberty mirip helikopter mini. Bahannya berupa serat karbon, titanium, dan alumunium. Ia bisa mengangkut dua penumpang,” demikian bunyi pernyataan PAL-V.

PAL-V Liberty mampu melaju dengan kecepatan 100 mil per jam atau 160 kilometer per jam. Ketika berada di mode drive, ia mampu menghasilkan tenaga hingga 99 bhp.

Untuk melaju 0-100 kilometer per jam, PAL-V Liberty butuh waktu cuma sembilan detik. Konsumsi bahan bakarnya mencapai 31 mil per galon atau sekitar 13 kilometer per liter jarak tempuh 817 mil.

[Baca juga: Taksi Terbang Buatan Airbus Siap Uji Terbang]

Di udara, PAL-V Liberty mampu menggapai ketinggian maksimum 3.500 meter. Mesin terbangnya dapat mengeluarkan tenaga 197bhp yang dapat mencapai kecepatan tertinggi 112 mil per jam atau 180 kilometer per jam.

PAL-V Liberty akan dijual sekitar Rp 8 miliar. Untuk pemesanan, konsumen bisa memberi uang muka Rp 38,2 juta. Mobil terbang tersebut hanya dijual 90 unit dengan pengiriman Maret 2018.[SN/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here