telset

Mobil Terbang Ini Bisa Dipesan Bulan Depan

Telset.id,Jakarta – Untuk kali pertamanya di dunia, mobil terbang akan tersedia dan sudah dapat dipesan bulan depan. Perusahaan asal China bernama Terrafugia sedang mempersiapkan untuk peluncuran kendaraan masa depan yang diberi nama Transition.

Kendaraan ini dapat berubah dari bentuk mobil menjadi sebuah pesawat hanya dalam satu menit. Mobil terbang tersebut juga melaju dengan kecepatan 100 mil per jam, sehingga membuatnya lebih lambat daripada jet paling lamban di dunia, seperti jet Soviet PZL M-15 Belphegor yang dibangun untuk kebutuhan pertanian.

Baca Juga: Mobil Terbang PAL-V akan ‘Mengudara’ di Geneva

Aspek yang paling mencolok dari Transition adalah sayap lipatnya, yang dapat dilipat ketika pengguna hendak mengemudikannya di jalan darat. Selain itu, mobil terbang ini dilengkapi dengan sistem parasut serta mode ‘boost’ untuk menghasilkan ledakan tenaga ekstra dan memberikan dorongan saat terbang.

Kantor berita Cina, Xinhua mengatakan pra-penjualan akan dimulai pada bulan Oktober. Terrafugia sebelumnya mengatakan Transition menelan biaya produksi $ 279.000 atau sekitar Rp 4,1 miliar. Terrafugia kemudian merevisi biaya produksi antara sekitar $ 300k atau skitar Rp 4,4 miliar hingga sekitar $ 400k atau sekitar Rp 5,9 miliar.

“Transition adalah mobil terbang praktis pertama di dunia,” tulis Terrafugia, seperti dikutip dari Metro, Jumat (28/09/2018).

Baca juga: Taksi Terbang Buatan Airbus Siap Uji Terbang

Transition merupakan pesawat sport ringan dengan dua tempat duduk, memiliki sayap yang dapat dilipat dan membuka, hingga memungkinkan pengguna mengubah antara mode penerbangan dan mode mengemudi di jalan dalam waktu kurang dari satu menit.

Kendaraan ini diklaim dapat menjadi solusi masalah atau kerumitan penyimpanan di hangar. Transition dapat menjadi transportasi darat, berbahan bakar gas otomotif dan dapat disimpan di garasi rumah.

Baca Juga: Keren! Taksi Terbang Ini Terinspirasi Balapan F1

Terrafugia kini juga sedang mengerjakan kendaraan transportasi yang lebih besar yang disebut TF-2. Kendaraan itu berbentuk kapsul yang dapat dibawa oleh truk atau pesawat dengan sayap dan baling-baling.

“TF-2 adalah sistem transportasi terintegrasi tiga bagian yang mencapai tingkat kenyamanan, kemudahan, dan efisiensi baru. Dengan konfigurasi kapsul yang dapat dilepas, penumpang atau muatan kargo akan dapat melakukan perjalanan dengan mulus ke tujuan akhir mereka,” tulis Terrafugia. (BA/FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0