telset

Mobil Street View Mulai Potret ‘Wajah’ Jakarta

Jakarta – Google Street View telah resmi hadir di Indonesia. Salah satu layanan pemetaan Google ini coba memberikan pengalaman lebih deket dari hasil fotografi pemetaan di berbagai wilayah, baik di tengah kota maupun di daerah terpencil.

Foto yang diambil adalah bentuk penggabungan beberapa foto dalam berbagai sudut 360 derajat. Layanan Google Street View ini diintegrasikan dengan Google Maps. Salah satu keuntungan dari layanan ini adalah kita bisa mengetahui secara detail suatu tempat.

“Dengan Google Street View, Anda bisa mengetahui dimana tempat parkir terlebih dahulu. Tak hanya itu, Anda juga bisa memperkenalkan toko Anda ke seluruh dunia secara mudah,” ujar Andrew McGlinchey, Product Manager Google saat meresmikan Street View di Jakarta, Jumat (23/11).

Semua itu, jelas dia, karena pengambilan foto 360 derajat yang diambil oleh tim Street View. Untuk mengumpulkan data tersebut, dibutuhkan mobil yang dilengkapi dengan kamera panorama. “Mobil yang digunakan itu dilengkapi dengan kamera untuk mengambil data,” jelasnya.

Mobil tim Street View tersebut akan berkeliling kota untuk mengambil foto dan akan dijadikan sumber data, untuk kemudian disajikan kepada para pengguna. Street View memang tidak menampilkan gambar secara real time, melainkan hanya foto berbentuk panorama dengan pemandangan 360 derajat.

Dengan telah diresmikan pada hari ini, maka mobil-mobil tim Street View pun mulai siap berkeliling kota untuk memfoto sudut-sudut kota di Jakarta. Mobil yang digunakan sebenarnya sama seperti mobil pada umumnya. Ya membedakannya hanya telah dilengkapi beberapa peralatan kamera.

Seperti terlihat pada bagian atas mobil ada dipasang kamera berbentuk bola yang terpasang ditiang yang menjulang ke atas. Kamera tersebut akan memotret semua wilayah yang dilaluinya.

Kamera-kemera yang terpasang dalam perangkat berbentuk bola itu dapat mengambil gambar 360 derajat, dan hasilnya fotonya akan dijadikan satu untuk diedit dan menjadi sebuah gambar panorama.

Pada tahap awal Google Street View baru akan mengambil gambar untuk wilayah Jakarta. Tapi nantinya akan segera menyusul kota-kota lainnya di luar Jakarta.[tsn/hbs]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0