Mobil Pintar Audi Diotaki Snapdragon 602A

Audi smartcar with chip snapdragon 602ATelset.id – Lagi-lagi Qualcomm membuktikan diri di ajang CES 2016 dengan menggandeng pabrikan mobil mewah Audi sebagai mitra. Dua perusahaan tersebut bekerja sama membangun mobil pintar.

Qualcomm akan menyediakan chipset khusus ke Audi, untuk jajaran mobil pintar besutan pabrikan asal Jerman ini di 2017 mendatang. Di ajang CES 2016, Qualcomm memamerkan mobil konsep Audi Q7 yang menggunakan chipset Snapdragon 602A.

Snapdragon 602A adalah infotainment chipset untuk otomotif pertama dari Qualcomm yang dirancang untuk memenuhi standar tinggi industri otomotif sekaligus menyediakan konektivitas, infotainment, navigasi, kualitas suara dan fitur kendali mutakhir dengan kualitas setara smartphone di dalam mobil.

Wakil Presiden Qualcomm Nakul Duggal mengatakan perusahaannya telah mengakuisisi perusahaan bernama CSR yang membangun chipset Bluetooth untuk konektivitas telepon di mobil.

Dengan demikian, Qualcomm tidak membangun teknologi chip untuk sistem infotainment saja tetapi juga menyokong teknologi chipset untuk fitur keamanan berkendara bagi pengguna mobil yang lebih baik. Terutama untuk mencegah terjadinya tabrakan.

Tampaknya di tahun ini, persaingan mobil pintar akan semakin panas. Terlihat dari ajang CES 2016 di Las Vegas, AS, yang menjadi pameran mobil pintar dengan sembilan pabrikan mobil yang turut menampilkan mobil konsepnya.

Sementara pabrikan chipset juga berlomba menjadi otak mobil pintar. Selain Qualcomm juga ada Nvidia yang juga berambisi menampilkan komputer super pada mobil setir sendiri (driveless car). Komputer super ini sudah dites di beberapa pabrikan mobil seperti Volvo, BMW, Dainler, Ford dan Audi.[AI/HBS]

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -