NASA Ungkap Misi Utama Robot Helikopter Mars

Telset.id, Jakarta – NASA akhirnya ungkap misi sebenarnya robot helikopter Mars. Benda tersebut dirancang untuk menjadi bagian dari perangkat keras yang paling mampu dari yang pernah dikirim ke Planet Merah.

Seperti dikutip Telset.id dari New York Post, Sabtu (18/07/2020), robot helikopter besutan NASA ini memiliki misi untuk mendeteksi tanah Mars, mencari petunjuk kehidupan kuno, bahkan mengemas sampel tanah untuk akhirnya kembali ke Bumi.

NASA berharap penemuan-penemuan luar biasa selama bertahun-tahun akan dimulai begitu robot canggih itu mendarat di Mars pada awal 2021. Helikopter tersebut bakal menjelajah Mars bersama penjelajah Perseverance.

{Baca juga: Sebelum ke Mars, Ilmuwan Minta NASA Menjelajah Venus}

Helikopter Mars punya baling-baling berukuran sedang. Benda itu akan dikerahkan ke permukaan Mars setelah Perseverance mendapatkan arah. NASA baru saja merilis video mengenai harapan dari helikopter tersebut.

Namun, robot helikopter Mars tidak memiliki misi ilmiah terkait dengan eksplorasi Mars. Ia bakal berada di Mars selama sekitar satu bulan untuk melakukan tes. Selama periode tersebut, ia bakal melakukan lima kali perjalanan.

Penerbangan pertama adalah naik-turun yang sederhana, menguji kemampuan penerbangan paling dasar dari pesawat. Kemudian, ketika data tentang kinerja terkumpul, tim akan mengirimkannya ke jarak yang lebih jauh.

{Baca juga: Apresiasi Tenaga Medis, NASA Pasang Penghargaan di Robot Mars}

Jika berhasil, helikopter Mars akan menjadi pesawat pertama yang pernah diterbangkan manusia ke dunia lain. Prestasi itu menjadi tonggak sejarah yang cukup besar untuk membuka pintu guna misi NASA pada masa depan. (SN/MF)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0