Microsoft Resah Lihat Kelakuan App Store Terhadap Developer

Telset.id, Jakarta – Microsoft kabarnya merasa resah melihat perubahan kebijakan pada toko aplikasi Apple, App Store. Apple baru-baru ini memang mengumumkan beberapa perubahan aturan di App Store yang cukup mengkhawatirkan developer.

Perubahan kebijakan di App Store pada dasarnya akan memungkinkan kehadiran layanan game streaming ke platform. Akan tetapi, seperti dilansir Ubergizmo, ada batasan di App Store yang akan membuatnya jauh lebih sulit bagi developer.

Dikutip Telset.id, Senin (14/9/2020), Microsoft tampaknya kurang senang dengan hal tersebut. Dalam sebuah pernyataan, juru bicara Microsoft menyebut kebijakan App Store juga akan jadi pengalaman buruk bagi pelanggan.

{Baca juga: Nah Lho! App Store Terancam Dilarang Total di China}

Gamer ingin langsung memilih dan memainkan permainan dari katalog pilihan, seperti halnya ketika mengakses film atau lagu. Mereka tidak dipaksa untuk mengunduh lebih dari 100 aplikasi untuk memainkan game individu dari cloud.

“Kami berkomitmen untuk menempatkan gamer sebagai pusat dari semuanya. Kami selalu berkomitmen memberikan pengalaman yang hebat dan menarik kepada mereka,” demikian kata juru bicara Microsoft lewat pernyataan.

Aturan baru App Store menyatakan bahwa meskipun layanan game streaming akan diizinkan, semua judul yang ada di dalam katalog layanan wajib dicantumkan satu per satu. Dengan begitu, Apple memungkinkan untuk meninjaunya.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Apple Terbaru}

Kenapa Apple menerapkan kebijakan seperti itu di App Store? Informasi menyatakan bahwa Apple ingin memastikan para developer di App Store mematuhi semua aturan dan pedoman. Namun, semua bakal menjadi lebih rumit.

Sebelumnya, Apple sempat bermasalah dengan developer Fortnite, Epic Games. Pertikaian ini bermula saat Fortnite dihapus dari App Store. Penyebabnya, Epic Games meluncurkan sistem pembayaran mandiri di dalam aplikasi.

Alhasil, Apple menghapus akun Epic Games yang membuat pengguna tidak bisa download game Fortnite dan aneka game lainnya di App Store.

Penghapusan ini membuat pengguna iPhone dan iPad tidak bisa lagi download game dari Epic Games, seperti Fortnite di perangkat mereka.

{Baca juga: Apple Putus dengan Epic Games, Fortnite Hilang dari App Store}

Dihapusnya Epic Games dari platform Apple dikonfirmasi oleh perusahaan asal Cupertino itu sendiri. Melalui keterangan resmi, penghapusan ini merupakan keputusan yang berat bagi Apple.

Kami kecewa karena harus menghentikan akun Epic Games di App Store. Kami telah bekerja dengan tim di Epic Games selama bertahun-tahun dalam peluncuran dan rilisnya,” kata Apple. (SN/MF)

SourceUbergizmo

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0