Microsoft Peringatkan Malware Baru Incar Akun Facebook

ilustrasi
ilustrasi

Jakarta – Serangan malware makin mengganas!. Demikian peringatan yang diberikan Microsoft dalam pernyataannya belum lama ini mengenai malware baru yang ‘menyamar’ sebagai ekstensi Google Chrome dan Firefox add-on yang bisa membobol akun Facebook.

Malware ini pertama kali terdeteksi di Brasil. Trojan:JS/Febipos.A, malware yang mencoba untuk memperbarui, seperti halnya ekstensi browser yang normal. Setelah didownload, Trojan akan memantau apakah komputer yang terinfeksi login ke akun Facebook, malware kemudian berupaya mendownload konfigurasi file yang mencakup daftar perintah untuk ekstensi browser.

Selanjutanya malware dapat melakukan berbagai tindakan Facebook, termasuk like fan page, share, posting, bergabung dengan kelompok dan mengobrol dengan teman-teman.

Seperti dikutip telsetNews dari Cnet, Senin (13/5), beberapa jenis malware menyertakan perintah untuk mengirim pesan provokatif yang ditulis dalam bahasa Portugis dan berisi link ke halaman Facebook lainnya.

Jumlah likes dan share pada satu halaman akan bertambah, sementara ahli malware di Microsoft sedang menganalisis Trojan, menunjukkan bahwa infeksi terus terjadi.

Microsoft tidak menunjukkan bagaimana malware tersebut dapat menginstal sendiri atau berapa banyak infeksi yang mungkin terjadi. Menurut Microsoft kemungkinan akan ada lebih banyak ancaman daripada ini, karena malware dapat mengubah pesan, URL, halaman Facebook dan aktivitas lainnya setiap saat.

Walaupun saat ini malware menarget pengguna Brasil, di mana Portugis menjadi bahasa yang dominan di negara tersebut, namun Microsoft mengingatkan jika Trojan bisa dengan mudah dimodifikasi untuk target pengguna di negara lain.[HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0