Microsoft Edge Lebih Aman Ketimbang Chrome dan Firefox?

Telset.id, Jakarta – Jika anda berpikir bahwa Google Chrome atau Mozilla Firefox merupakan browser teraman untuk saat ini, maka anda harus berpikir ulang. Kenapa? Karena browser teraman untuk saat ini adalah browser keluaran Microsoft untuk Windows 10 yakni Microsoft Edge.

Menurut sebuah laporan dari NSS Labs, mereka yang telah melakukan sejumlah tes untuk menentukan browser mana yang paling aman di pasaran dari Social Engineered Malware (SEM) dan serangan phishing. Tes tersebut melibatkan tiga browser yakni Google Chrome, Mozilla Firefox, dan Microsoft Edge.

Nah menurut laporan tersebut, meski Microsoft Edge bisa dibilang tidak memiliki fitur selengkap dua browser lainnya, namun browser khusus Windows 10 ini jadi yang paling aman.

[Baca Juga: Ini Browser Paling Boros Baterai Menurut Microsoft]

Pada tes tersebut, Firefox berhasil menangani 81.4% serangan phishing URL dan 78.3% SEM. Sedangkan Chrome berhasil memblokir 82.4% dari serangan phishing dan 85.8% untuk SEM. Sementara itu, Microsoft Edge berhasil menangani 91.4% serangan phishing dan 99% SEM.

[Baca Juga: Awas! Ada Malware Android Berkedok Update Chrome Browser]

Tak hanya itu, Microsoft Edge juga menjadi yang tercepat untuk soal memblokir SEM. Browser ini hanya membutuhkan waktu kurang dari 10 menit saja untuk melindungi sistem dari malware. Sedangkan Chrome dan Firefox membutuhkan waktu yang sangat lama untuk menangani hal yang sama yakni masing-masing 2 jam 39 menit dan 3 jam 45 menit.

Menurut NSS Labs juga, pengujian tersebut dilakukan secara independen. Itu artinya, mereka sama sekali tidak menerima kompensasi apapun dari tes yang dijalankannya. (FHP)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI