Microsoft Buat Teknologi Layar Sentuh dengan Kecepatan 1 milidetik

Jakarta – Banyak pengguna perangkat layar sentuh yang tidak menyadari bahwa sebenarnya dibutuhkan sepersekian detik bagi sensor untuk benar-benar merespon sentuhan. Masalah kelambanan™ tersebut kini telah sedikit bisa diatasi oleh Kelompok Ilmu Terapan Microsoft yang membuat perangkat layar sentuh bereaksi dalam 1 milidetik.

Masalah kelambanan pada layar sentuh ini dikenal sebagai touchscreen latency, yang cukup menyebabkan lag bagi mereka yang menyadarinya. Banyak orang yang memang tidak menyadarinya, karena mereka berpikir tidak ada lag sama sekali dengan perangkat sentuh terbarunya.

Namun jika diperhatikan, Anda dapat melihat latency touchscreen ketika menggunakan sebuah aplikasi. Jika ingin melihatnya secara jelas, coba gunakan aplikasi lukisan dan perhatikan garis yang Anda gambar tidak mengikuti gerakan jari anda dengan cepat.

Hal ini disebabkan sensor layar sentuh perlu merasa bahwa mereka benar-benar disentuh, serta ukuran area sentuh (berapa banyak ujung jari menyentuh layar) dan ke arah mana jari Anda bergerak.

Sensor layar kapasitif yang lebih lambat, akan selalu mengurangi seberapa responsif perangkat kita, tidak peduli secepat apa refresh rate layar yang kita miliki dan secepat apa prosesor yang kita miliki.

Kini Kelompok Ilmu Terapan Microsoft telah coba memecahkan masalah masalah latency touchscreen dengan perangkat sentuh yang bereaksi dalam 1 milidetik.

Dikutip dari PCWorld, Rabu (14/3), Kelompoik Ilmu Terapan Microsoft, latency touchscreen menjelaskan pada perangkat yang mereka kembangkan ini dapat mencapai 100 milidetik.

Pada video Microsoft menunjukkan perbedaan yang mengejutkan antara lukisan dengan layar sentuh yang lebih konvensional dan layar sentuh dengan latency satu milidetik dari Microsoft. Namun hingga kini belum diketahui kapan teknologi ini akan dikomersilkan. [hbs]

 

 

Previous articleNokia Tidak Mau Latah Bikin Ponsel Quad-Core
Next articleTerus Merugi, Bos Sharp Dicopot

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here