Microsoft Akan Pensiunkan IE6

JAKARTA – Selama ini kita tahu bahwa dalam paket yang tersemat saat menginstal system operasi Windows Xp akan langsung mendapatkan aplikasi browser internet explorer 6, sebuah aplikasi yang telah lama banyak di gunakan oleh para netter.

Diperkirakan, telah lebih dari 12 persen pengguna yang menggunakan browser ini untuk menjelajah dunia maya, dan banyak pula orang yang telah membangun web-nya dan menguji coba di browser ini.

Namun kini semua orang telah mengetahui IE6 rentan tentang keamanan dari browser ini. Beberapa permasalahan yang banyak di bicarakan adalah soal kasus keamananan data hingga stabilitas sebuah browser yang masih di ragukan.

Pihak Microsoft pun mengakui, sebenarnya IE6 adalah browser yang hebat untuk saat itu, tetapi memang untuk saat ini sudah dianggap usang, dan sudah saatnya bagi pengguna internet di seluruh dunia untuk menggunakan browser dengan kemampuan yang mendukung standar web modern.

“Sekarang ini tahun 2011, IE6 secara resmi telah berusia 10 tahun. Menurut Net Applications, IE6 kini hanya tinggal 12% saja penggunaannya di seluruh dunia. Tujuan kami adalah untuk membuat penggunaannya menurun hingga 1% saja,” kata Roger Captiotti, Marketing Product Internet Explorer dalam keterangannya yang dikutip Telsetnews dari Net Applications, Senin (7/3).

Menurut Captiotti, kenapa 1 persen? karena pihaknya menyadari bahwa tidak mungkin angka ajaib 0 persen akan bisa diraih. Sementara para web developer masih menggunakan browser lama. “Kami percaya bahwa angka 1 persen ini akan memungkinkan banyak web developer untuk mulai mengalihkan prioritas IE6 ketika sedang membuat website,” ujar dia. “Artinya, mereka tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk memikirkan website mereka kompatibel dengan IE6, tambahnya.

Namun belum ada kabar yang pasti mengenai masalah ini, karena Microsoft samapai saat ini hanya menyatakan sedang berusaha mengalihkan browser ke Internet Explorer 9. wn/ hbs]

{jcomments on}

Previous articlePemerintah Belum Memiliki Roadmap yang Jelas
Next articleMSI Ganti Beberapa Seri Produknya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here