telset
spot_img

Meski Krisis, 54% Konsumen Indonesia Tetap Belanja Online

Ilustrasi E-Commerce
Ilustrasi E-Commerce

Jakarta – Kepercayaan konsumen di Indonesia tetap stabil pada kuartal keempat tahun 2012, dimana konsumen Indonesia masih tercatat sebagai yang paling optimis di dunia, demikian menurut hasil terkini Global Consumer Confidence Index dari Nielsen.

Perhitungan yang dilakukan Nielson di Q4 2012 ini memperlihatkan konsumen Indonesia tetap mengeluarkan dana untuk belanja dimana 54% konsumen akan melakukan kegiatan belanja online selama 12 bulan ke depan, meski separuh dari konsumen online lainnya percaya bahwa Indonesia sedang mengalami resesi keuangan.

Perkembangan Internet sedikit demi sedikit mulai mempengaruhi gaya hidup, termasuk dalam hal transaksi jual beli. Dewasa ini, transaksi yang biasa dilakukan online mulai diminati oleh sebagian besar masyarakat.

Meski kondisi perekonomian mengalami penurunan, namun Nielsen menemukan bahwa empat dari lima konsumen online atau sekitar 78% percaya keadaan ekonomi mereka akan baik-baik saja selama 12 bulan ke depan.

Global Consumer Confidence Index dari Nielsen menemukan bahwa konsumen Indonesia paling optimis dengan kondisi keuangan mereka di kawasan Asia Pasifik.

Hasil analisis Nielsen juga mengungkapkan konsumen online di Indonesia sebanyak 74 persen akan menyiapkan dana cadangan ke dalam tabungan. Hal ini menunjukkan bahwa konsumen di Indonesia akan tetap mengalokasikan dana untuk belanja dan memberikan angin segar pada toko online.

“Secara keseluruhan optimisme memang menurun di delapan dari 14 negara di Asia Pasifik pada kuartal keempat jika dibandingkan dengan kuartal ketiga 2012, dengan penurunan empat poin di Hong Kong dan Taiwan.

Namun demikian Asia Pasifik mencatat skor kepercayaan konsumen tertinggi,” ujar Catherine Eddy, Managing Director Nielsen Indonesia dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (6/1).[lkh/hbs]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0