Hologram Jadi Cara Baru Komunikasi Selama Pandemi

Mesin hologram

Telset.id, Jakarta  – Apakah Anda mencari cara baru untuk berkomunikasi selama pandemi Covid-19? Perusahaan di Los Angeles, AS, menciptakan mesin seukuran bilik telepon untuk mengirimkan hologram yang bisa “hadir” di kantor atau rumah Anda.

Perangkat yang dibuat oleh PORTL Inc tersebut memungkinkan pengguna berbicara secara real-time dengan hologram seukuran orang.

Menurut laporan New York Post, dikutip Telset.id, Senin (10/8/2020), mesin itu bisa dilengkapi teknologi untuk memungkinkan berinteraksi dengan hologram tokoh sejarah.

{Baca juga: Ilmuwan Bikin Cokelat Hologram yang Bisa Berubah Warna}

Setiap perangkat PORTL memiliki tinggi tujuh kaki (2,1 meter), lebar lima kaki (1,5 meter), dalam dua kaki (0,6 meter), dan dapat dicolokkan ke stopkontak dinding standar.

Siapa pun yang memiliki kamera dan latar belakang putih dapat mengirim hologram ke mesin yang oleh Kepala Eksekutif David Nussbaum disebut “holoportasi”. Nussbaum pernah bekerja di perusahaan pengembang hologram Ronald Reagan.

“Kami dapat menghubungkan keluarga militer yang belum pernah bertemu satu sama lain selama berbulan-bulan, orang-orang dari pantai yang berlawanan, atau siapa pun yang menjaga jarak untuk melawan virus corona,” demikian kata Nussbaum.

Harga mesin tersebut mulai USD 60.000. Menurut Nussbaum, kualitas mesin bakal terjaga sampai enam tahun.

Perusahaan juga merencanakan sebuah perangkat meja yang lebih kecil dengan banderol harga yang lebih murah pada awal tahun depan.

Perangkat itu dapat dilengkapi dengan teknologi kecerdasan buatan dari perusahaan StoryFile yang berbasis di Los Angeles untuk menghasilkan rekaman hologram yang dapat diarsipkan. Syaratnya, harga mesin menjadi lebih mahal, yakni USD 85.000.

Perusahaan mempromosikan museum, yang memungkinkan pengunjung mempertanyakan hologram tokoh sejarah.

“Orang-orang merasa seperti melakukan percakapan dengan rekaman hologram,” kata Kepala Eksekutif StoryFile, Heather Smith.

Teknologi hologram diprediksi akan mulai banyak digunakan sebagai sarana komunikasi masa depan, terutama setelah masuknya era 5G. Jaringan internet supercepat ini digadang-gadang akan membawa kita pada lompatan teknologi yang lebih jauh ke depan.

Dengan jaringan internet 5G, beragam teknologi yang selama ini hanya ada dalam film-film fiksi ilmiah bisa diwujudkan, salah satunya adalah video call hologram.

{Baca juga: Wow! Video Call Hologram ala Star Wars Mulai Diuji Coba}

Bagi Anda yang sudah pernah menonton film Star Wars atau Iron Man, pasti pernah melihat para jagoan di film-film tersebut berkomunikasi via video hologram.

Mungkin selama ini Anda beranggapan itu semua hanya ada dalam film. Namun dengan jaringan 5G, semua itu akan bisa segera diwujudkan di dunia nyata.

Adalah operator seluler asal Amerika Serikat, Verizon dan perusahaan jaringan asal Korea Selatan, KT, yang pada Senin (3/4) lalu memamerkan hasil kerjasama mereka berupa panggilan video atau video call hologram pertama di dunia. [SN/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here