telset

Menlu Iran Umumkan Pengunduran Diri via Instagram

Telset.id, Jakarta – Kabar mengejutkan datang dari satu negara di Timur Tengah, Iran. Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif, menyatakan mundur dari jabatan. Uniknya, pengunduran dirinya diumumkan secara mendadak via akun Instagram.

Lantaran begitu tiba-tiba, alasan kenapa Zarid memutuskan lengser dari posisi menteri pun belum diketahui. Dalam unggahan di Instagram, ia hanya menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh rakyat dan pemerintah Iran.

“Dengan ini, saya meminta maaf, tidak mampu melanjutkan tugas sebagai menteri. Saya minta maaf pula apabila ada kekurangan serta kesalahan selama menjadi pembantu pemerintah,” demikian tulis Zarif di akun Instagram-nya.

Dikutip Telset.id dari BBC, Selasa (26/2/2019), kabar mengenai pengunduran diri Zarif telah terkonfirmasi oleh kantor berita pemerintah Iran, IRNA. Media tersebut mengutip pernyataan resmi juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran.

{Baca juga: Joget di Instagram, Remaja Iran Diciduk Polisi}

Sayang, belum ada informasi lebih lanjut apakah pengunduran diri Zarif akan diterima oleh Presiden Hassan Rouhani. Yang jelas, akun Instagram Zarif langsung banjir komentar menanggapi keputusannya mengundurkan diri.

Zarif pernah menjabat sebagai Duta Besar Iran untuk PBB. Sejak 2013, tepatnya setelah Rouhani berkuasa, ia menempati posisi Menteri Luar Negeri. Ia menjalankan beberapa tugas penting, termasuk merundingkan kesepakatan perdamaian di kawasan Timur Tengah pada 2015.

Pada tahun itu, Iran dan negara-negara berkekuatan besar dunia melakukan deklarasi. Isinya, Iran harus membatasi aktivitas nuklir demi keringanan sanksi-sanksi. Namun, Amerika Serikat mengundurkan diri dari kesepakatan tersebut. [SN/HBS]

Sumber: BBC

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0