Menkominfo Sebut Palapa Ring Sudah Siap Beroperasi

Telset.id, Jakarta – Menkominfo Rudiantara menjelaskan jika proyek Palapa Ring Paket Timur telah selesai dibangun. Dengan begitu, seluruh proyek Palapa Ring sudah selesai semua dan siap untuk beroperasi.

Rudiantara menjelaskan jika pihaknya telah melakukan uji coba pada Agustus kemarin untuk menguji Palapa Ring Paket Timur. Hasilnya mereka berhasil menggelar video conference antara Bupati yang berada di Papua dan Kalimantan.

{Baca juga: Rampung 100%, Palapa Ring Paket Timur Siap Digunakan}

“Sudah selesai (Palapa Ring Paket Timur). Kemarin uji coba tanggal 31 Agustus 2019 dengan video conference antara Bupati Asmat, Gubernur Kaltim dan Bupati Nunukan,” kata Rudiantara di Jakarta, Selasa (18/09/2019).

Uji coba tersebut tidak hanya membuktikan kalau proyek ini sudah selesai dan siap beroperasi. Tetapi dari uji coba tersebut Menkominfo menilai jika seluruh jaringan Palapa Ring sudah terintegrasi dan siap beroperasi.

“Sudah dengan barat, tengah, sudah terintegrasi,” tambah Rudiantara.

Biasanya sebuah proyek yang sudah selesai, akan diresmikan sebelum akhirnya digunakan oleh banyak pihak. Namun ketika ditanya mengenai kapan diresmikan, Rudiantara enggan menjawabnya.

“Waduh peresmian itu masalah momentumlah. Yg penting bisa jalan. Ya kan tidak harus peresmian ramai-ramai yang penting sudah beroperasi,” tutur Rudiantara.

Selain itu sampai saat ini belum ada informasi terkait operator yang ingin menggunakan jaringan Paket Timur tersebut. “Saya gak tahu ini baru kan baru bulan agustus kemarin kan,” tutup Rudiantara.

{Baca juga: Palapa Ring Paket Timur Terhambat, Begini Penjelasan BAKTI}

Sebelumnya pemerintah membagi infrastruktur Palapa Ring di Indonesia menjadi paket Barat, Tengah, dan Timur berdasarkan letak geografis. Paket Barat, yang sudah selesai sejak Maret 2018, menjangkau Riau, Kepulauan Riau hingga Pulau Natuna sepanjang 1.730 kilometer di laut dan 545 kilometer di darat.

Sementara Paket Tengah meliputi Kalimantan, Sulawesi dan Maluku Utara. Sedangkan Palapa Ring Timur menjangkau wilayah Nusa Tenggara, Maluku, Papua Barat dan pedalaman Papua. [NM/HBS]

Related Articles

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -