Menkominfo Resmikan BBPTIK di Jababeka Bekasi

Jakarta – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Tifatul Sembiring meresmikan Balai Pelatihan dan Pengembangan TIK (BBPTIK) di Kawasan Industri Jababeka Bekasi. BBPTIK dibangun atas hibah dari Pemerintah Republik Korea Selatan sebesar USD8,9 juta.

Menurut Menkominfo, perkembangan TIK di Indonesia mengalami peningkatan yang sangat cepat. Bila dilihat berdasarkan peringkat Global IT Report, Indonesia mengalami peningkatan dari peringkat 67 ke 53 di tahun 2011 ini. Berdasarkan hasil itulah, pemerintah sangat concern pada pembangunan infrastruktur dan SDM TIK.

Pemerintah menganggap TIK Center ini mempunyai peran sangat penting, maka kami berharap balai pelatihan ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kemampuan SDM TIK,” ujar Menkominfo saat meresmikan BBPTIK, di Jababeka, Bekasi, Selasa (31/5).

Balai pelatihan ini merupakan bantuan hibah dari pemerintah Korea Selatan melalui Korea International Cooperation Agency senilai USD 8,9 juta atau sekitar Rp 75,6 miliar. Sementara lahan tanah yang digunakan didapat dari Pemda Bekasi, seluas 2,5 hektar.

Diharapkan TIK Centre ini nantinya dapat digunakan untuk pelatihan dan pengembangan SDM dalam bidang TIK. Melalui balai pelatihan ini kami berharap bisa mengatasi kesenjangan digital melalui alih TIK melalui pengembangan SDM, jelas Tifatul. Selain itu untuk semakin mempererat hubungan kedua negara dalam bidang TIK, tambahnya.

Tifatul menyebutkan, ke depannya masyarakat Indonesia harus berbasis pada ilmu pengetahuan. Maka pusat pelatihan dan pengembangan TIK menjadi satu-satunya sarana yang tepat untuk mengimplementasikannya.

Balai Pelatihan ini terdiri dari gedung utama, welfare building, dan juga dibangun asrama dengan kapasitas  300 orang peserta pelatihan per hari. Sementara jenis pelatihan berupa object programming, information security, computer network, animasi, web programming, IT management, opeation system.

Selain di Bekasi, bantuan serupa juga diberikan oleh Korea Selatan untuk pembangunan TIK Centre di Ciputat dekat Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Untuk yang di Ciputat ini, lebih untuk kalangan kampus.[hbs]{jcomments on}

Previous article’œBBM’ di Ponsel Lokal
Next articleTablet Baru MSI dengan WindPad Enjoy 7

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here