Menkominfo Dukung Anak Muda Bisa Bikin Game Sendiri

Telset.id, Jakarta Menkominfo Rudiantara mendorong anak muda untuk bisa bikin  game sendiri. Hal itu dikatakannya karena melihat industri game dan eSports di Indonesia mememiliki potensi yang besar. Dengan begitu, Indonesia tidak hanya menjadi konsumen di industri game saja.

“Pemerintah mendukung industri eSports. Kami ingin nanti ke depannya muda-mudi membuat game, bukan hanya memainkannya,” kata Rudiantara di Tangerang Selatan, Banten Jumat (13/9/2019). 

Dilansir Telset.id dari laman resmi Kominfo pada Senin (16/09/2019), industri game memiliki potensi pasar yang besar. Perkembangan industri tersebut seiring sejalan dengan perkembangan olahraga Esports yang juga mulai tumbuh di Tanah Air.

Saya kira ini peluang yang bagus, apalagi sekarang tim sponsor sudah banyak di Indonesia. Saat ini Indonesia mampu bergabung dengan developer game asal Paris Gameloft. Gameloft Indonesia berkantor di Yogyakarta,” ungkapnya.

{Baca juga: Rudiantara: Pemerintah Dukung Atlet E-Sports Indonesia ke Olimpiade}

Rudiantara menuturkan saat ini Indonesia belum memaksimalkan potensi Esports yang dimiliki. Hal itu terlihat dari masih kecilnya populasi pemain Esports dibanding dengan populasi penduduk keseluruhan.

“Indonesia memiliki populasi 200 juta lebih penduduk. 40% populasi di Asia. Tetapi populasi pemain gim hanya 20%,” ujar Menkominfo. 

Dalam kesempatan itu, Menteri Kominfo menegaskan lagi komitmen pemerintah untuk mendukung pengembangan ekosistem game dan eSports Indonesia. Menteri Rudiantara memaparkan tentang jaringan internet cepat yang menghubungkan seluruh Indonesia melalui Palapa Ring.

{Baca juga: Akan Ketemu Kimi Hime, Rudiantara: Kita Lakukan Pembinaan}

“Pemerintah ingin berubah dari regulator menjadi fasilitator. Kami juga ingin mengadakan acara esport tidak hanya di Jakarta, tapi di banyak wilayah,” kata Rudiantara.

Sejak 2017, industri eSports Indonesia telah menghasilkan keuntungan USD$ 800 juta atau Rp 11,2 triliun. Jumlah itu membuat Indonesia menjadi negara ke-16 di dunia dalam hal pendapatan dari industri eSports. [NM/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here