Menkominfo Bantah Presiden Jokowi Positif Virus Corona

Jokowi Virus Corona

Telset.id, Jakarta – Menkominfo Johnny G. Plate membantah isu yang mengatakan Presiden Jokowi positif terinfeksi Virus Corona. Berdasarkan penelusuran Kominfo isu Jokowi positif Corona tersebut hoaks, yang merupakan bagian dari ratusan hoaks mengenai virus corona yang tersebar di media sosial.

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima Tim Telset.id pada Rabu (18/03/2020), Johnny mengatakan jika hingga Selasa (17/03/2020) sudah ada 242 isu hoaks yang ditemukan Kominfo. Hoaks yang baru ditemukan adalah isu jika Presiden Jokowi terinfeksi Virus Corona.

{Baca juga: Jokowi Pastikan Dua Orang di Indonesia Terinfeksi Virus Corona}

“Sampai dengan hari ini bisa saya sampaikan ada 232 isu hoaks, di antaranya yang ke 232, hoaks yang Presiden Jokowi Terkena Virus Corona,” kata Johnny.

Menurut Johnny isu tersebut sangat merugikan masyarakat. Pasalnya saat masyarakat dan pemerintah sedang berjuang melawan penyebaran Virus Covid-19, justru ada oknum-oknum yang menyebarkan hoaks menyesatkan.

“Kelatahan seperti ini merugikan diri sendiri, masyarakat dan bangsa dan negara,” tambah Johnny.

Isu hoaks lainnya yakni informasi jika ada mitra salah satu ojek online (ojol) yang kabur dari Rumah Sakit Persahabatan. Informasi yang menyebar di media sosial tersebut menyebut jika mitra ojol tersebut kabur dari rumah sakit padahal status adalah orang yang diduga kuat terinfeksi Virus Corona atau Suspect Virus Corona. Isu tersebut adalah hoaks.

“Mitra Gojek diduga suspect kabur dari RS Persahabatan, itu salah juga,” tambah Johnny.

Terakhir Johnny meminta masyarakat untuk tidak mempercayai bahkan menyebarkan isu hoaks. Tindakan menyebarkan hoaks akan merugikan diri sendiri karena bisa berakhir di pengadilan dan juga merugikan bangsa Indonesia yang sedang berjuang melawan Covid-19.

{Baca juga: Jokowi Imbau Masyarakat Kerja, Belajar, dan Ibadah dari Rumah}

“Hal ini merugikan bangsa dan negara. Dan pelaku juga tidak menjawab panggilan Ibu Pertiwi yang membutuhkan pertolongan,” tutup Johnny. [NM/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here