Melon Indonesia Siapkan Aplikasi Android dan BlackBerry

Jakarta – PT Melon Indonesia, perusahaan patungan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) dengan SK Telecom dari Korea, yang bergerak di penyediaan aplikasi mobile, menargetkan 200 ribu pengguna layanan music download dari pengguna smartphone BlackBerry dan Android hingga pertengahan tahun depan.

Perusahaan yang untuk pertama kalinya menterbitkan aplikasi musik untuk Smartphone Blackberry dan Android ini hanya fokus memasarkan layanan tersebut karena dinilai dua jenis smartphone tersebut masih sangat populer di pasar.

“Saat ini pengguna smartphone terutama Blackberry dan Android di Indonesia mencapai 6 juta-10 juta pengguna. Hal ini membuat kami optimis layanan music download akan banyak peminatnya, ujar Budi Setyawan Wijaya, Direktur Keuangan PT Melon pada acara peluncuran Melon Application for BlackBerry & Android di Pisa Cafe Jakarta, Jumat (28/10).

Menurut Budi, awal tahun 2012, perusahaan akan menyasar pengguna iPhone dari Apple. Secara keseluruhan, saat ini Melon sudah memilki 60 ribu pelanggan berbayar dan 20 ribu pelanggan free trial,” jelasnya. “Hingga akhir tahun perusahaan menargetkan jumlahnya meningkat menjadi 500  ribu pelanggan dengan 150 ribu pelanggan aktif pada akhir tahun depan, tambah Budi.

PT Melon sejak berdiri November tahun lalu sudah memiliki 500 ribu katalog lagu dengan skema berlangganan mulai dari Rp 15.000 per paket. Layanan music download Melon merupakan layanan dimana pelanggan bisa menikmati unduh  dan streaming lagu tanpa batas. Dari layanan ini, rata-rata per bulan perusahaan memperoleh pendapatan hingga Rp 900 juta.

Perusahaan melakukan sejumlah strategi untuk mencapai target pengguna. Pertama, perusahaan melakukan virtual preload bekerja sama dengan sejumlah operator telekomunikasi. Kedua, perusahaan memberikan instalasi aplikasi gratis di pusat-pusat pertokoan dan ritel, terutama di gerai penjualan handset second. Ketiga, perusahaan bekerja sama dengan vendor-vendor handset Android dari Korea dan China.

Perusahaan  telekomunikasi lain yang juga meyediakan layanan music digital adalah PT XL Axiata Tbk (EXCL). Iman Budiman, Product Manager Music MDS Content and Application Mobile Data Services XL, mengatakan perusahaan sedang mempersiapkan pemasaran layanan konten music digital XL Play di Desember mendatang. Sebelumnya, soft lanching layanan ini sudah berlaku per Maret dan memiliki 100 ribu pengguna. XL Play telah memiliki 11 judul lagu, mayoritas diisi oleh penyanyi dan band lokal.

Kuartal I tahun depan ditargetkan XL Play dapat memperoleh 3.000 pengguna. XL Play  juga ditargetkan menjadi salah satu konten yang mendukung pencapaian target kontribusi VAS terhadap pendapatan perusahaan sebesar 9%, kata Iman.(ms)

Previous articleUpdate Android Lebih Rumit dari iOS
Next articleDampak Moratorium Omset Content Provider Turun Hingga 70%

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here