Melihat Proses Redesain Logo Baru Instagram

Logo baru Instagram
Logo baru Instagram

Jakarta – Aplikasi berbagi foto Instagram melakukan sedikit perubahan pada logotype-nya. Perubahan ini merupakan bagian dari update terbaru yang dirilis berbarengan dengan diluncurkannya fitur phone tagging. Lalu bagaimana proses terciptanya logo baru Instagram?

Redesain logo yang telah berusia 2 tahun ini dibuat oleh seorang typographer bernama Mackey Saturday dari Denver, Colorado. Dalam sebuah posting, ia menjelaskan rincian proyek pada komunitas desainer Dribble.

Ia mengungkapkan ada hal penting yang harus dilakukannya saat me-redesain logo Instagram. Yakni bagaimana pentingnya dia bisa menjaga apa yang telah dicintai pengguna aplikasi foto sharing tersebut, sekaligus merampingkan tampilan keseluruhan yang lebih bersih dan lebih halus.

Mungkin bagi sebagian orang akan sulit menemukan perbedaan besar pada redesain logo Instagram ini, karena jenis script-nya masih serupa dengan logo lama. Dan script ini juga dipakai sebelumnya oleh Billabong.

Jika disimak dengan baik, seperti dikutip dari digitaltrends, Selasa (7/5), huruf “I” sekarang terlihat lebih “I” dari sebelumnya, tidak rancu seperti huruf “J”. Sementara untuk huruf “s” kecil juga tampak lebih jelas. Konektivitas antar huruf -kecuali huruf awal “I”- terlihat lebih “mudah”.

Untuk mendesain ulang logo Instagram ini, Mackey membutuhkan waktu lebih dari setahun. Ia juga menggambar ulang webfont Billabong dengan tangan. Hasil akhirnya pun terlihat lebih elegan, sederhana dan ‘bersih’.

Saat mempraktekkan proses penulisan script logo baru Instagram, Mackey dengan hati-hati menunjukkan simetri yang cantik, yang hanya bisa dihasilkan oleh seorang desainer berpengalaman dengan jam terbang tinggi.

Dibandingkan dengan versi lama, logo baru ini tampil lebih elegan. Dia berharap logo hasil karya desainnya ini akan abadi seperti logo Coca-Cola, McDonald, Nike, dan juga Apple. “Coca-Cola adalah contoh bagus dari logo yang selalu diingat dan abadi,” ujar Mackey.

Penasaran seperti apa proses pembuatan logo baru Instagram? Anda bisa melihat beberapa fotonya di bawah ini:

Mackey Saturday mendesain ulang logo Instagram

Konsep logo baru Instagram

Sketsa logo Instagram

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0