Melek Digital, Rudiantara Ajak Generasi Milenial Kembangkan UMKM

Telset.id, Jakarta – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mendorong agar generasi milenial dapat mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan teknologi digital.

Dalam acara Millenial Entrepreneurs Festival yang digelar Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) 2019 Rudiantara mengatakan bahwa teknologi digital membuka banyak peluang dan kesempatan bagi generasi milenial yang ingin menjadi wirausaha.

“Peran milenial menjadi signifikan untuk Indonesia saat ini dan masa yang akan datang. Jika dikaitkan dengan entrepreneur banyak fasilitas digital bisa kita manfaatkan untuk pengembangan UMKM,” ucap Menkominfo di Gedung Telkom Landmark, Jakarta Sabtu (02/02/2019)

Dilansir Telset.id dari laman resmi Kominfo, Senin (04/01/2019) kemajuan teknologi digital memudahkan setiap orang yang ingin mengembangkan usahanya, salah satunya melalui sektor usaha kecil tersebut.

Rudiantara mengingatkan, bahwa bidang usaha kecil telah memberikan dampak positif kepada perekonomian Indonesia sehingga rata-rata nilainya mencapai 50 persen.

“Kenapa? Sebab yang menarik dari perekonomian di UMKM itu sebetulnya ada pada daya tahannya yang luar biasa,” tuturnya.

{Baca juga: Viral Tagar #YangGajiKamuSiapa, Rudiantara Kepleset Lidah?}

Menurutnya, kemajuan teknologi digital memudahkan setiap orang yang ingin mengembangkan usahanya, salah satunya melalui sektor usaha kecil. Rudiantara juga mengatakan, UMKM telah memberikan dampak positif kepada perekonomian Indonesia sehingga rata-rata nilainya mencapai 50 persen.

“Kenapa? Sebab yang menarik dari perekonomian di UMKM itu sebetulnya ada pada daya tahannya yang luar biasa,” ungkap Rudiantara.

Dia menyontohkan, dalam krisis ekonomi Indonesia tahun 1998, bidang usaha kecil masih bisa bertahan. Begitu juga saat perekonomian Indonesia menurun tahun 2008 ketika harga bahan pokok melonjak namun bidang usaha kecil tetap stabil.

“Sebetulnya pelaku UMKM yang mempunyai pertumbuhan cukup tinggi dan proses atau tahan usahanya tetap stabil dalam kondisi apapun,” katanya

Saat ini kebijakan pemerintah Indonesia juga telah berpihak ke semua aspek usaha guna mendongkrak perekonomian nasional. Oleh karena itu, Menkominfo mengimbau agar generasi milenial terus berpikir bahwa UMKM merupakan kelompok usaha di Indonesia yang mempunyai resiliensi tinggi pada saat krisis.

Dan pada saat bersamaan, pemerintah juga menjamin seluruh keberlanjutan usaha ekonomi lainnya. Berdasarkan catatan Kementerian Koperasi dan UKM tahun 2017 sebanyak 3,79 juta UMKM di Tanah Air telah memanfaatkan sistem online dalam memasarkan produknya.

{Baca juga: Rudiantara: Forward Pesan WhatsApp Dibatasi untuk Redam Hoaks}

Pertumbuhan bisnis digital yang semakin pesat secara tidak langsung membuka kesempatan bagi UMKM untuk lebih produktif bertransaksi jual beli dengan memanfaatkan teknologi digital. Bila semuanya beralih ke ranah digital maka UMKM akan menciptakan multiplier effect dan bukan tidak mungkin mengangkat ekonomi digital Indonesia.

Pada tahun 2018, Kementerian Kominfo bersama tujuh kementerian lain dan enam marketplace terbesar di Indonesia menginisiasi UMKM Go Online.

Ada empat tahapan dalam program itu, yaitu Pertama, OnBoarding atau mendorong pelaku UMKM offline menjadi online. Kedua, Active Selling atau pendampingan kepada para pelaku usaha kecil yang sudah Go Online untuk meningkatkan transaksi online.

Selanjutnya yang Ketiga, Scale Up Business atau membantu pelaku UMKM untuk meningkatkan skala bisnisnya, dan yang Keempat, Go International atau gerakan mendorong pelaku UMKM meningkatkan jangkauan pasar menjadi internasional. [NM/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI