MediaTek Umumkan Chip Terbaru Helio P20

MWC 2016

Telset.id, Jakarta – Perusahaan pembuat chip asl China, MediaTek, menambah portofolio produknya dengan merilis chipset model terbarunya, yaitu Helio P20. Chipset ini merupakan versi lanjutan dari model Helio P10, yang diklaim memberikan peningkatan pada efisiensi daya.

MediaTek mengklaim chip buatannya ini dapat menghemat listrik hingga 25% dibanding versi sebelumnya. Kemampuan tersebut bisa dicapai berkat penggunaan setup octa-core ARM Cortex A53 yang berjalan pada clock 2.3 GHz.

MediaTek juga memperbarui grafisnya dengan seri Mali T800 yang berjalan pada kecepatan 900 MHz, yang merupakan GPU terkuat dari ARM.

Tak hanya itu, chip ini juga disokong dengan daya rendah ganda data-rate random acces memory (LPDDR4X), yang juga merupakan pertama di dunia dalam sebuah chip mobile.

Helio P20 juga disebutkan meningkatkan bandwidth hingga mencapai 70% dan konsumsi daya 50% lebih hemat dari LPDDR3, dan bisa tercapai sebagian dengan menurunkan tegangan operasi untuk 0.6V.

Spesifikasi lain yang dibawa Helio P20 adalah termasuk dukungan hingga dua layar beresolusi Full HD yang bekerja pada 60fps. Selain itu, chip ini juga diklaim memiliki ISP yang mengesankan, karena mampu menangani kamera dengan sensor 24 MP, atau 13 MP dan 13 MP dual kamera dan perekeman video hingga 4Kx2K @30fps.

Sementara untuk konektivitasnya, Helio P20 menawarkan LTE Cat.6 dan 2×20 carrier aggregation yang dapat mencatat kecepatan download 300 Mbps dan upload 50 Mbps.

Chip ini juga mendukung dual-SIM ditambah Dual Standby, dan Wi-Fi ac, GPS/Glonass/Beidou, dan juga Bluetooth plus Radio FM. Chipset yang menyasar perangkat premium ini rencananya akan mulai hadir di berbagai perangkat pada paruh kedua di 2016. [HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here