Mediatek dan Samsung Siap Produksi Chipset 7nm

Telset.id, Jakarta – Menurut laporan yang datang dari Taiwan. Mediatek akan bekerjasama dengan TSMC merencanakan lompatan besar dengan menciptakan chipset terbaru yang lebih kuat dan tahan baterai.

Suatu laporan mengatakan bahwa chipset baru tersebut akan dibuat dengan proses 7 nm dan akan memiliki 12 core atau inti. Ini berarti bahwa prosesor ini sistem baru akan lebih cepat, lebih kuat dan lebih hemat daya dibandingkan chip 10nm yang sudah ada di pasar.

Sejauh ini Mediatek telah berhasil memproduksi 10 chipset, seperti Helio X20 dan X25 dengan peningkatan yang signifikan dalam kinerja mereka, tetapi ini tampaknya tidak cukup bagi mereka untuk bersaing dengan Qualcomm Snapdragon 835 SoC hari ini.

Mediatek tidak sendirian dalam membuat chipset dengan basis teknologi 7 nm ini. Vendor Korea Selatan, Samsung juga dikabarkan sedang mendesain chipset 7 nm dengan jadwal perilisan yang sama.

Sementara TSMC bahkan dikabarkan sudah bersiap-siap melompat ke teknologi fabrikasi 5 nm. Seperti diketahui, makin kecil proses fabrikasi, maka semakin banyak pula jumlah core (CPU) yang bisa dibenamkan di dalamnya. (MS)

Sourcegizchina

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI